news

Teknis Kendaraan
Aroma Klasik Suzuki DR200SE

view
328
like  
0

Wednesday, 11 January 2017


Posted by : Administrator

Popularitas motor trail yang semakin menanjak, membuat banyak orang semakin menaruh minat pada hobi dan olahraga yang menantang maut ini. Tak heran jika kemudian banyak produsen motor trail berlomba merilis produk-produk terbaru mereka. Model-model terbaru terus menyesaki pasar otomotif Indonesia namun siapa sangka jika motor trail dengan desain klasik menjadi salah satu yang paling banyak dicari oleh para penggila motor trail.

Tidak sedikit dari mereka yang berburu motor trail klasik dan kemudian merestorasinya hingga mulus. Bahkan ada yang merubah tampilan motor trail baru serta memodifkasinya dengan sentuhan motor trail klasik. Hal ini mengakibatkan beberapa model motor trail klasik memiliki harga jual yang melambung. Sebuah motor trail klasik produksi tahun 2005, jika memiliki kondisi yang mulus serta memiliki surat-surat yang lengkap, harganya bisa menembus 20 juta rupiah. Sebuah angka yang cukup tinggi, mengingat usia motor yang sudah lebih dari 10 tahun.

Namun perlu diingat bahwa membeli motor trail tua dipastikan Anda akan terbebani oleh perawatan ekstra yang dibutuhkan. Bukan rahasia lagi kalau motor trail tua kerap membuat pemiliknya harus merogoh kocak dalam untuk mengganti beberapa spare parts. Dan hal ini ditambah rumit, dengan jenis spare parts yang biasanya sudah tidak diproduksi kembali praktis harga spare parts menjadi lebih mahal.

Salah satu produsen otomotif asal Jepang, Suzuki, seolah mengendus tren ini. mereka mengeluarkan sebuah motor trail baru dengan desain klasik yaitu Suzuki DR200SE. Sebagai motor baru, Suzuki DR200SE mengusung gaya motor trail klassic. Garis desain motor yang masuk ke dalam kategori dual sport ini memang sangat mirip dengan Suzuki TS 125. Bedanya, Suzuki DR200SE mengaplikasikan mesin 199 cc, SOHC, 4-stroke dengan pendingin udara. Mesin yang sama juga dipasang pada motor trail Suzuki DR200S yang mengusung desain lebih modern.

Memang fitur yang dibenamkan pada Suzuki DR200SE juga masih sederhana. Misalnya saja sistem pembakaran masih mengandalkan karburator Mikuni BST31SS di tengah mewabahnya motor-motor dengan sistem pembakaran injeksi.

Sayangnya hingga saat ini Suzuki DR200SE tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia, jadi jika Anda tertarik untuk mendapatknya harus memesan melaului importir-importir otomotif. Sebagai ilustrasi saja, motor trail ini dipasarkan di Amerika dengan bandrol 4200 dollar, dengan kurs saat ini hampir menembus angka 60 jutaan. Jika Anda ngebet ingin memilikinya, pastikan Anda siap untuk merogok kocek Anda lebih dalam lagi. Semoga saja Suzuki Indonesia, tertarik untuk merakit motor jenis ini di dalam negeri, sehingga motor trail dengan tampilan klasik lebih terjangkau di kantong.

Image credit : moto.zombdrive.com

Tags : Trial Game,Indonesia,Motocross