caption trialgame

Awas Helm Kadaluarsa!

Thursday, 22 June 2017

Sebagai perangkat terpenting di dunia olahraga otomotif, termasuk motor trail, helm memiliki fungsi vital untuk melindungi kepala Anda jika terjadi kecelakaan. Disamping itu, helm juga melindungi Anda dari angin atau debu saat memacu motor trail Anda di beragam lintasan medan.

Tapi tahukah Anda ternyata helm itu juga memiliki masa edar atau kadaluarsa lho? Kaya makanan ya ? Maka tak heran jika di negara-negara maju seperti Amerika Serikat ada bulan yang didedikasikan untuk mengecek kelayakan helm Anda. National Check Your Helmet Month, biasanya rutin digelar pada bulan April di Amerika Serikat. Nah apa saja sih yang bisa dilakukan agar helm kesayangan Anda tetap prima? Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Usia pakai ideal untuk helm adalah 3 sampai 5 tahun. Dalam waktu tersebut, banyak hal yang bisa terjadi pada helm kesayangan Anda, seperti radiasi matahari, akumulasi keringat, minyak dari kulit kepala dan rambut juga bisa merusak komposisi bagian dalam helm. Untuk itu segera cek tanggal produksi helm Anda yang biasa terletak di bagian dalam. Jika sudah lebih dari 5 tahun, sebaiknya segera ganti dengan yang baru untuk perlindungan lebih optimal.

Jika kemudian ternyata masih belum lewat dari lima tahun. Lakukan pengecekan fisik pada helm Anda. Periksa apakah ada yang retak atau terkelupas pada bagian luar helm. Selanjutnya periksa bagian dalam helm, terutama sterofoam-nya. Jika sudah ada bagian yang rontok atau terkelupas, itu tanda yang anda perlu segera membeli ganti helm baru.

Untuk menambah panjang usia penggunaan helm Anda,ada baiknya untuk melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan bagian luar dan dalam helm secara berkala. Penggunaan produk perawatan rambut seperti pomade, gel atau minyak, akan mempercepat terjadinya kerusakan pada bagian sterofoam helm Anda. Maklum saja, produk-produk tadi biasanya menggunakan bahan dasar minyak, dan jika berinteraksi dengan sterofoam bisa membuatnya menjadi menyusut. Bagi Anda yang gemar menggunakan produk perawatan rambut, sebaiknya lebih sering untuk mencuci bagian dalam helm Anda.

Oh iya, kebiasaan menaruh helm di atas tutup tangki bensin ternyata juga bisa merusak bagian dalam helm lho. Uap bensin yang naik dari sela-sela tutup tangki ternyata bisa merusak bagian dalam helm, dan kadang bisa menyebabkan bagian dalam helm menjadi menyengat akibat bau bensin.

Berhubung helm merupakan perangkat keselamatan yang vital, dan harganya pun tidak bisa dikatakan murah, makan sudah sepantasanya untuk mendapatkan perhatian dan perawatan lebih ya.

comments

`