caption trialgame

Ban Corsa Hasilkan Traksi Maksimal di Jalur Berlumpur

Wednesday, 22 March 2017

Banmerupakan salah satu bagian terpenting dari motor trail. Bagian ini menjadi pijakan dan menahan bobot motor serta membantu Anda melakukan manuver di atas motor trail. Mengingat pentingnya fungsi ban motor trail, tentu Anda tak bisa sembarangan memilih ban yang akan digunakan pada motor trail kesayangan Anda bukan ?

Salah satu produsen ban asal Indonesia yaitu Corsa memiliki dua jenis ban yang dikhususkan untuk motor tral dalam katalog mereka. Ban berkode MT Cross-X dan MT Cross-R, dirancang sedemikian rupa agar mampu menghasilkan traksi maksimal di jalur berlumpur sekalipun.

Kuncinya, adalah pada kemampuan ban untuk membuang lumpur pada tapaknya atau self cleaning. Sebab jika sudah terbungkus lumpur atau membentuk donat lumpur, maka motor trail akan kehilangan momentum untuk bergerak.

Ban off-road Corsa MT Cross-X dan R, memiliki sidewall keras yang tahan terhadap gesekan dan kondisi lingkungan. Sedangkan pada bagian carcass yang  merupakan lapisan lembaran karet yang berada berisi kawat-kawat berorientasi bias, memiliki kompon yang tahan sayatan tetapi lentur.

Lapisan carcass kemudian dibungkus lapisan tread untuk menempatkan kembangan berupa kotak-kotak seperti potongan tahu. Bagian tapak ini mengandung kompon yang ditambah aditif agar ban tahan gesekan dan sayatan, namun dirancang lentur.

Tujuannya agar ban mempunyai contact patch yang bisa melebar dan tentunya traksinya bertambah baik. Berbeda dengan lapisan treadnya, kompon pada potongan tahu justru sangat keras, tentunya bisa mencengkram trek dengan kuat. Potongan tahu pun diatur jaraknya sedemikian rupa agar memiliki self cleaning yang optimal.

Corsa MT Cross-X ditujukan untuk penggunaan harian bagi konsumen di daerah yang menjadikan offroad sebagai keseharian, seperti ke ladang, atau transportasi di jalanan yang belum memadai. Sementara MT Cross-R ditujukan untuk penggemar kompetisi motocross karena kembangannya lebih tersebar melebar hingga mendekati bagian side wall-nya. Nah jadi tambah banyak pilihan bukan ? 

comments

`