caption trialgame

Exhaust Pipe Penyok? Ganti baru Atau Servis?

Sunday, 19 February 2017

Menunggangi motor trail sudah pasti membutuhkan ketahan yang luar biasa dari pengendara maupun motor trailnya sendiri. Beragam hantaman dan imbas dari lompatan bisa Anda rasakan pada bagian tubuh maupun motor trail Anda. Biasanya jika Anda sudah menahun mengendarai motor trail maka sudah dapat terlihat dampak dari hasil petualangan Anda selama ini.

Goresan dan baret di beragam tempat pada motor trail Anda, serta penyok pada beberapa bagian motor trail seolah memiliki kisah unik tersendiri yang akan dikenang. Tapi tahukah Anda bahwa ada bagian motor trail yang jika mengalami penyok akan mempengaruhi perfomanya?

Penyok pada bagian pembuangan (exhaust pipe) biasanya terjadi ketika bagian motor trail Anda menghantam keras beragam jenis rintangan, mulai dari handicap di lintasan atau batang pohon saat di hutan. Lekukan kecil pada exhaust pipe biasanya tidak terlalu mempengaruhi performa motor trail Anda, mungkin yang terganggu hanya aspek estetika dari motor trail tersebut.

Lain halnya dengan lekukan penyok yang cukup besar. Hal ini sudah dipastikan akan mengganggu sistem pembuangan dari motor trail Anda. Penyokan tersebut tentu akan mengganggu aliran udara yang keluar dari mesin motor Anda, dan ini akan mempengarahui kinerja motor trail dengan signifikan. Mesin motor akan terasa tidak enak saat Anda tunggangi  dan amat sangat mengganggu.

Hal termudah yang bisa Anda lakukan tentu adalah membeli satu stel exhaust pipe yang baru. Tentu ini akan membuat saldo tabungan Anda berkurang secara signifikan dan jika perlu tambahkan pelindung pada bagian exhaust pipe sehingga kasus ini tidak perlu terjadi lagi.

Jika kondisi keuangan Anda sedikit menipis, hal yang bisa Anda lakukan adalah hunting ke tempat barang-barang bekas. Terkadang jika beruntung Anda bisa mendapatkan satu stel sistem pembuangan motor trail yang masih bagus dan layak digunakan, dengan harga murah. Tapi ingat, namanya juga hunting barang bekas, Anda harus teliti dan sabar untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Alternatif terakhir adalah membawanya ke tukang servis. Opsi ini sebenarnya kurang kami sarankan karena besi yang sudah ditempa dan diperbaiki tentu secara kualitas akan mengalami penurunan. Namun jika kocek Anda tidak mencukupi alternatif ini layak menjadi pertimbangan.

Yang patut untuk diingat adalah proses perbaikan exhaust pipe adalah sebuah proses yang rumit. Sebaiknya Anda serahkan saja kepada ahlinya. Kendati banyak video tutorial yang beredar di internet tentang cara perbaikan sendiri exhaust pipe yang penyok, kami harap Anda cukup bijak hanya melihat untuk mengetahui prosesnya saja tanpa melakukannya sendiri. Jangan mengambil resiko dengan melakukan hal berbahaya tanpa bantuan profesional ya.

comments

`