caption trialgame

HD MT500 Motor Trail Antik Nan Unik

Thursday, 23 March 2017

Bagi penggemar otomotif, khususnya sepeda motor, nama Harley Davidson sudah pasti tidak asing di telinga mereka. Perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1903 ini dikenal sebagai parbrikan sepeda motor cruiser bermesin  bermesin V-Twin.

Dengan ciri khas motor yang memiliki tenaga dan chasis besar, tak heran tentu jika Harley Davidson seolah menjadi ikon bagi pengendara motor yang gemar kebebasan dan berpetualang.  Dengan tingkat popularitas yang demikian hebat, tak heran jika kemudian perusahaan ini memiliki income hampir 800juta dollar setiap tahunnya.

Tapi tahukah Anda bahwa pabrikan ini pernah memproduksi sebuah motor trail? Yup betul, Anda tidak salah baca, Harley Davidson pernah memproduksi motor trail yang bernama HD MT500. Produk ini menjadi motor trail pertama dan terakhir yang pernah diproduksi oleh Harley Davidson hingga saat ini.  

Kisah produksi HD MT500 berawal pada tahun 1987, saat itu Harley Davidson membeli desain dan hak produksi MT500 dari perusahaan otomotif asal Inggris yaitu Armstrong-CCM.  Harley Davidson memberanikan diri untuk membeli desain ini karena adanya spekulasi yang mengatakan bahwa saat itu negar-negara kaya sedang mencari motor trail canggih untuk perlengkapan militer mereka.

Namun pada kenyataannya hanya tiga negara saja kemudian yang memesan HD MT500, yaitu Inggris, Kanada dan Jordania. Tak heran jika kemudian jumlah HD MT500 yang beredar saat ini hanya 500 unit saja di seluruh dunia. Minimnya permintaan jenis motor ini kemudian membuat Harley Davidson memutuskan untuk berhenti memproduksi motor trail ini pada tahun 2000 silam.

HD MT500 menggunakan mesin jenis Rotax satu silinder 500cc 4 katup berpendingin udara. Dan dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Torsi yang dihasilkan oleh  mesin berdaya 32 tenaga kuda ini adalah 5500 rpm.  HD MT500 memiliki Dimensi 179mm x 790 mm dengan jarak sumbu roda 1.450 serta dilengkapi dengan tangki yang bisa memuat bahan bakar sebanyak  13 liter. Motor trail ini masih menggunakan kickstart untuk menyalakan mesin, namun untuk pemesanan dari negara Jordania, Harley Davidson melengkapinya dengan tombol stater elektrik.

Secara fisik HD MT500 memiliki tampilan dan spesifikasi yang sama. Dilengkapi sepasang jerigen dengan kaitan di kedua sisi tangki bahan bakar dan ditambah dengan kotak senjata waterproof di sisi kanan membuat tampilan motor trail ini amat garang. Apalagi dibalut dengan warna hijau tentara yang membuatnya terlihat sangar.  

Dengan jumlah produksi yang sedikit, tak heran jika harga motor trail ini melambung tinggi. Para kolektor dan penggemar motor trail serta Harley Davidson, seolah berlomba ingin memiliki motor trail yang harga jual termurahnya berada pada angka 300 jutaan di Amerika Serikat.

Image credit : silodrome.com

comments

`