caption trialgame

Jaga Motor Trail dari Air Laut

Tuesday, 24 October 2017

Salah satu daya tarik motor trail adalah handal digunakan di beragam medan. Mulai dari lintasan balap, gunung, gurun hingga pantai. Nah bagi mereka yang gemar membawa motor trail mereka berpetualanga di pantai ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain kontur pasir yang akan menentukan ban jenis apa yang harus digunakan, ternyata air laut menyimpan ancaman bagi motor trail Anda.

Sifat air laut yang asin dan korosif akan membuat beberapa komponen motor trail Anda harus diperhatikan ekstra saat usai melakukan petualangan di pantai. Kami sarankan hindari air laut jika Anda berpetualangan di pantai atau segera cuci bersih motor trail Anda jika tidak kuat menahan godaan untuk membelah ombak dibibir pantai.

Nah efek apa saja yang akan terjadi jika motor trail Anda melewati air laut dan tidak segera membersihkannya? Simak ulasan berikut ya.

- Rantai berisik
Efek yang terasa langsung ketika moto trail terkena ir laut adalah rantai motor yang berisik. Hal ini disebabkan karena oli rantai yang mengering. Jika ini terjadi siapkan pelumas rantai, dan segera aplikasikan pada rantai motor trail.

- Dampak Pada Krom motor trail
Jika motor trail Anda memiliki beragam asesosis yang memiliki permukaan krom, sudah pasti akan merasakan akibat buruk terkena air laut. Jika beruntung, asesoris tersebut hanya akan terlihat usang, hal ini disebabkan oleh air laut kotor yang dibiarkan kering pada permukaan krom. Cara mengatasinya yaitu dengan segera mencuci permukaan krom dengan air tawar atau bisa juga lumuri permukaan krom dengan bensin,oli atau gemukan lalu gosok perlahan lalu cuci dengan sabun.
Namun jika nasib sedang sial, jika air laut menempel dan mengering pada permukaan krom, efek yg timbul adalah krom akan sedikit mengelupas. Hal ini terjadi biasanya pada sisi krom yang paling sulit dijangkau atau bagian pojok-pojok. Cara mengatasinya adalah segera cuci krom dengan air tawar dan lap sampai benar benar kering.
Bagi Anda yang masih menggunakan pelek jari –jari, air laut akan membuat nya menjadi kusam jika dibiarkan mengering, segera cuci dan sikat dengan menggunakan sabun agar jari-jari tidak mengusam.

- Leher knalpot berkarat
Bagian yang paling mudah terkena dampak air laut adalah leher knalpot. Karena leher knalpot berada di bagian bawah dan bersentuhan langaung dengan air banjir. Cara mengatasinya sama seperti segera membersihkan dan mencuci leher knalpot serta laphinggga kering.

- Tuas rem dan perseneling kaku
Efek air laut dapat dirasakan pada pijakan rem dan perseneling yang kaku, dan agak kerasa ketika diinjak. Hal ini disebabkan laher atau bearing motor berkarat. Cara mengatasinya adalah dengan melumuri bearing dengan oli atau pelumas lainnya

Image credit : eoasia.com

comments

`