caption trialgame

Kenali dan Tangani Penyebab Kebocoran Radiator

Wednesday, 21 June 2017

Mulanya ditandai dengan adanya asap putih, terkadang Anda juga bisa mendengar suara mendesis atau mencium bau yang agak menyangat. Jika hal ini terjadi, maka biasanya radiator motor trail Anda mengalami kebocoran.

Kebocoran pada radiator akan membuat tidak bisa menunggangi motor trail Anda. Jika dipaksakan, maka mesin akan panas dan disusul oleh beragam masalah rumit lainnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan radiator bocor, yang jelas Anda harus berhenti mengendarai motor trail dan menambal kebocorannya. Sayangnya mengatasi kebocoran radiator tidak semudah itu. Anda perlu pemeriksaan radiator serta selang-selangnya dengan teliti.

Tapi jangan khawatir, kebocoran radiator biasanya bisa disebabkan oleh hal-hal dibawah ini, dan kami akan mengulas dengan tuntas untuk Anda

 

-        Selang yang bocor

Selang yang bocor adalah masalah yangh paling mudah diketahui dan ditangani. Anda tinggal menggantinya dengan yang baru dan bisa langsung mengendarai motor trail lagi. Selang yang bocor biasanya terjadi karena benturan saat kecelakaan atau termakan usia sehingga mengakibatkan keretakan pada selang. Kadang pengikat selang yang longgar bisa menyebabkan terjadinya kebocoran. Namun lagi-lagi masalah ini amat mudah dan murah untuk ditangani.

 

-        Selang yang menggelembung

Anda pasti bisa mengetahui ketika selang radiator menggelembung. Jika hal ini terjadi, segera matikan mesin karena ada kemungkinan selang itu meletus dan menyemburkan cairan panas. Selang yang menggelembung biasanya disebabkan karena adanya penyumbatan di sistem pendingin. Bisa pada radiator atau karena pompa air yang tersumbat.

Untuk mengatasi hal ini terjadi lagi, sebelum mengganti selang yang baru, ada baiknya Anda menguras radiator Anda. penggunaan cairan pendingin (coolant) yang tidak seusai juga bisa menyebabkan selang menggelembung. Dan jika masalahnya pada pompa yang tersumbat,segera ganti pompa tersebut. Penutup radiator yang rusak juga bisa menyebabkan terjadi gelembung pada selang, hal ini terjadi karena penutup tersebut tidak melepaskan tekanan udara keluar dengan benar.

 

-        Cairan pendingin yang merembes dari pompa atau lubang pompa

Jika hal ini terjadi maka Anda perlu mengganti seal pompa dan biasanya masalah ini akan segera teratasi.

 

-        Cairan pendingin yang Merembes dari Bagian Atas Radiator

Tutup radiator yang rusak atau menggunakan tutup yang tidak tepat biasanya menyebabkan merembesnya cairan pendingin dari bagian atas radiator. Segera beli tutup yang baru untuk mengatasi hal ini.

 

-        Kebocoran dari Body Radiator

Hal ini merupakan hal terburuk yang bisa menimpa pemilik kendaraan dimana saja. jika hal ini terjadi berarti Anda dalam masalah besar. Jika terjadi ditengah perjalanan, lakukan penambalan dengan menggunakan aluminium dan segera ganti dengan yang baru, karena tambalan itu tidak akan berumur panjang.

Kebocoran pada body radiator biasanya terjadi ketika kecelakaan atau saat motor jatuh. Menunggangi motor trail di medan lumpur yang berat bisa menyebabkan radiator menjadi over heat dan kemudian membuat kebocoran akibat panas yang tidak bisa kluar dari dalam mesin.

Kami tekankan sekali lagi, jika ada kerusakan dan kebocoran pada fisik radiator, segera ganti dengan yang baru. Jika Anda mencoba merservisnya, kondisi ini akan terus berulang di masa mendatang dan tentu saja akan membuat Anda melakukan pemborosan uang dengan melakukan perbaikan yang berulang.

comments

`