caption trialgame

Mencuci Helm Motor Trail Dengan Sempurna

Monday, 20 February 2017

Anda tentu sudah paham bahwa helm adalah perlengkapan mengendarai yang wajib dipakai saat mengendarai motor trail. Tapi sayangnya perlengkapan ini biasanya menjadi hal yang paling sering lupa diperhatikan kebersihannya. Sudah tidak diragukan lagi bahwa pasti Anda mencuci motor, pakian dan sepatu yang Anda gunakan sehabis berpetualang bukan? helm? Belum tentu kan ?

Agar Selalu nyaman dan aman saat digunakan, sebaiknya Anda jangan segan untuk mencuci helm kesayangan Anda dan untuk mendapatkan hasil yang optimal kami akan berikan beberapa langkah step by step yang bisa Anda lakukan. Yuk kita simak bersama.

Pertama-tama lepas busa yang ada di bagian dalam helm yang biasanya menempel di bagian pipi kiri dan kanan. Semua helm modern sekarang bagian busa tersebut pasti bisa dilepas dan dipasang lagi. Kemudian lepas juga kain dan busa tipis yang melapisi bagian dalam helm, sehingga  akan kelihatan bagian sterefoam yangberwarnaputih. Untuk berapa jenis helm, memang bagian dalam ini tidak bisa dilepas alias paten menempel di batok bagian dalam helm. Nah untuk pertimbangan di masa akan datang jika ingin membeli helm, sebaiknya beli yg bisa dilepas pada bagian ini sehingga mudah untuk membersihkannya.

Rendam busa dan kain yang sudah dilepas tadi ke dalam air yang sudah diberi sampo mobil. Rendam selema 15 menit dan kemudian sikat dengan lembut meggunakan sikat gigi. Kemudian dijemur, tetapi usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung ya.

Untuk bagian sterofoam di dalam helm, bersihkan dengan menggunakan kain lap halus yang sudah dibasahi dengan air. Usap dengan halus dan jika sangat kotor itu bisa disikat menggunakan sikat gigi. Untuk bagian ini tidak perlu dikasih sabun, sampo atau bahkan alkohol, karena justru itu bisa merusak sterofoam-nya. Untuk bagian luar helm cukup dibersihkan dengan kai lap yang sudah dibasahi air, tidak perlu disikat. Setelah itu bisa dijemur, tetapi jangan terkena sinar matahari langsung.

Bagi Anda yang memiliki helm supermoto, gunakan lap halus yang sudah dibasahi air untuk membersihkan kaca visor pada helm tersebut. Bersihkan dengan gerakan memutar secara lembut. Kemudian bersihkan dengan kertas tissu kering, juga dengan gerakan memutar.

Setelah kering semuanya, bagian yang dilepasi itu dipasang kembali dengan sempurna. Supaya tampak mengkilat dan melindungi cat, olesin bagian luar helm dengan wax yang biasa dipakai untuk motor atau mobil.

Pastikan kuciantudung helm helm Anda sudah rapat, tidak terlalu kendor. Tali helm juga harus dalam kondisi baik. Sering terjadi tali helm itu lepas karena kait tali helm yang menempel di batok helm itu berkarat. Kalau tali sudah aus atau lepas, helm ini jangan dipakai lagi, karena untuk helm motor trail itu wajib ada talinya untuk mencegah helm terlepas jika terjadi kecelakaan.

Image: fstg.motosport.com

comments

`