caption trialgame

Mengenal Fungsi Rim Lock

Friday, 18 August 2017

Bagi Anda yang sudah menahun menekuni hobi motor trail, tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen yang bernama rim lock. Apalagi jika gemar melahap medan off road, atau menekuni enduro, maka perangkat ini merupakan salah satu komponen wajib yang ada di motor trail Anda.

Apa sih rim lock itu? Rim lock merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci rim  atau pelek,  dengan ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam kondisi kekurangan angin atau bahkan mengempis sama sekali.  Selain rim lock, perangkat ini juga biasa disebut dengan nama stopper ban.

Pada dasarnya, antara rim dan ban adalah dua hal yang terpisah. Keduanya merekat dengan kuat ketika dalam kondisi terisi angin. Ketika tekanan angin berkurang atau kosong, rim dan ban tidak lagi merekat, sehingga bisa berputar sendiri-sendiri. Jika itu terjadi, pentil ban dalam bisa sobek dan ban dalam pun bisa tergilas oleh rim yang membuat ban dalam hancur. Dengan adanya rim lock, semua persoalan itu biasa diatasi. Saat ban mengempis, rim lock akan menekan ban dalam mentok ke ban luar, sehingga rim, ban dalam, dan ban luar masih bisa berputar secara selaras bersama-sama.

Seperti disebutkan sebelumnya, perangkat ini amat berguna bagi mereka yang menggemari lintas alam atau enduro. Ketika mengalami ban kempes ditengah hutan atau daerah antah berantah yang tidak memungkinkan untuk mengganti menambal atau mengganti ban dalam, rim lock sangat membantu untuk mencegah ban dalam hancur ketika harus dipaksakan untuk terus berjalan.

Selain itu, saat menghajar medan offroad dengan kondisi lintasan yang licin berlumpur, Anda perlu mengurangi tekanan ban untuk mendapatkan traksi dan disinilah rim lock memainkan peran vital guna menjaga agar rim dan ban tetap berputar bersamaan.

Untuk cara pemasangan, ada yang memasang satu rim lock di masing-masing ban, tapi ada juga yang memasang dua rim lock di setiap ban. Sebenarnya satu rim lock pada masing-masing ban sudah cukup aman, walaupun memang jauh lebih aman lagi kalau memasang  dua rim lock di masing-masing ban.

Jika ingin memasang satu rim lock saja, posisi pemasangan bisa dilakukan sekitar 10 cm dari pentil ban.  Jika ingin memasang dua, maka posisi rim lock lainnya  berlawanan arah dengan pentil ban, sehingga seperti membentuk segitiga. Berapa harga rim lock? Gak mahal kok, buatan lokal biasanya mulai harga 50 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah, per buahnya.  Murah kan? Nah bagi Anda yang gemar offroad dan belum memasang rim lock, tidak ada salahnya udah mencobanya bukan?

comments

`