caption trialgame

Mengenal Moto X step up

Friday, 21 July 2017

Salah satu satu perhelatan paling akbar olahraga ekstrim sport, X-Games, baru saja diselesai diselenggarakan di Minneapolis, Amerika Serikat. Event yang diselenggarakan mulai tanggal 13 hingga 16 juli ini, disebut-sebut sebagai Olimpiade olahraga ekstrim sport.

X-Games biasanya terbagi untuk tiga kelompok yaitu, skateboard, BMX dan tentu saja, Motor trail. Salah satu nomor yang dilombakan dengan menggunakan motor trail adalah moto X step up. Nomor ini boleh dibilang sebagai salah satu nomor paling bergengsi yang dilombakan di kelompok motor trail.

Inti dari lomba ini adalah melompati rintangan dengan menggunakan motor trail. Yang tertinggi akan menjadi yang terbaik. Bayangkan nomor lompat tinggi pada cabang olahraga atletik.  Moto X step up, memiliki esensi yang sama, namun alih-alih menggunakan tubuh, para kontestan menggunakan motor trail yang sudah disetting sedemikian rupa untuk dapat mencapai ketinggian tertentu.

Di ajang X-Games Minneapolis lalu, kontestan asal Australia, Jarryd McNeil menjadi yang terbaik setelah berhasil melewati rintangan setinggi 44 kaki atau 13,41 meter. Mcneil berhasil menyisihka konstestan tuan rumah, Bryce Hudson yang mampu melewati rintangan setinggi 43 kaki dan Ronnie Renner yang berada ditempat ketiga dengan rintangan setinggi 39 kaki.

Menariknya, rekor dunia cabang olah raga ini justru dipegang oleh Renner, dengan loncatan setinggi 47 kaki atau setara dengan 14, 33 meter. Luar biasa bukan? rekor ini diukir oleh Renner ketika berkompetisi di ajang X-Games di kota Los Angeles pada tahun 2012 silam. Kendati banyak yang mengklaim bahwa rekor loncatan Renner ini sudah terpecahkan, namun hingga saat ini belum ada yang berhasil melakukannya diajang kompetisi resmi.

Cabang Moto X step up dianggap sebagai salah satu cabang tersulit di ajang X-Games, maklum saja kontestan harus bisa mengkalkulasikan beragam hitungan seperti ancang-ancang jarak motor, seberapa besar gas yang harus ditarik, kapan waktu terbaik untuk meloncat, dan tentu saja teknik pendaratan yang sempurna, karena mendarat dengan jarak  vertikal di atas 10 meter, memerlukan skill yang luar biasa.

Image credit : espn.com

comments

`