caption trialgame

Modifikasi Ekonomis Motor Trail Menjadi Supermoto

Friday, 18 August 2017

Memodifikasi motor trail kesayangan Anda menjadi sebuah tunggangan supermoto bisa menyedot banyak biaya dan bisa dikatakan tidak murah.  Walaupun perubahan yang memiliki kesan simpel namun jika dirunut lebih lengkap, modfikasi ini memerlukan banyak penggantian komponen yang akan membuat dompet Anda sulit bernapas.

Perubahan pada kaki-kaki motor trail Anda adalah hal yang mutlak untuk mentransformasi menjadi sebuah supermoto.  Perubahan ini juga termasuk pada pelek dan ban motor juga. Supermoto biasanya menggunakan ukuran pelek depan dan belakang yang sama yaitu 17 inci. Tapi ada juga yang menggunakanukran 16,5 inci untuk ban depan.

Sementara untuk ban, ukurannya berbeda-beda dan  tergantung jenis motor trail yang digunakan. Yang jelas kembang ban harus sesuai untuk jalur aspal. Jangan menggunakan ban motor trail yang memiliki kembang tahu, karena tidak akan menghasilkan traksi optimal di jalan aspal.

Seperti yang Anda ketahui, pelek dan ban dari produsen terkenal, disamping memiliki kualitas yang biasanya di atas rata-rata, tentu juga memiliki harga yang tidak murah bukan?. Nah bagaimana jika ternyata bujet Anda tidak mencukupi untuk melakukan semua perubahan ini? kami sarankan untuk lebih memprioritaskan membeli pelek dengan kualitas yang baik. Alasannya sederhana saja, karena pelek bagus biasanya tidak gampang rusak, sementar ban bagus pun suatu saat bakal harus menggantinya.

Alasan lain adalah karena dengan menggunakan pelek bagus, jika melalu jalan yang berlubang dapat langsung melahapnya tanpa perlu mengkhawatirknya pelek tersebut bengkok. Gunakan juga ban merek lokal yang biasanya harganya hanya separuh dari ban merek luar negeri. Jika Ban impor satu set biasanya menghabiskan dana 4 sampai 5 juta, maka dengan 2 juta rupiah saja sudah bisa mendapatkan ban lokal dengan kualitas yang baik.

Untuk urusan suspensi, tidak ada perbedaan antara trail dan supermoto. Bahkan, suspensi depan jenis teleskopik juga masih bisa dipakai, karena saat ini suspensi jenis itu sudah bisa disetting diberagam bengkel. Yang penting jangan lupa untuk membuat suspensi menjadi lebih keras karena untuk mengantisipasi timbulnya gejala limbung saat motor dipacu di jalan aspal.Kalau ingin lebih detail dan biaya yang lebih mahal, ada tingkatan lagi yang lebih tinggi. Biasanya mulai mengganti lengan ayun, sokbreker depan upside down, dan berbagai aksesori lainnya.

Terakhir adalah jangan lupa memasang lampu penerangan,serta lampu sign untuk berbelok serta tempat plat nomor kendaraan, karena tanpa tiga komponen itu, sudah pasti Anda bakal sering beruruan dengan para  polisi lalu lintas.

comments

`