caption trialgame

Panduan Perlengkapan Keselamatan Bermotor Trail

Thursday, 10 March 2016

Perlengkapan keselamatan adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin menunggani motor trail mereka. Entah itu di arena balapan atau hanya sekedar melakukan kegiatan lintas alam, jangan pernah melupakan pentingnya perlengkapan ini.

Walaupun Anda mahir mengendalikan motor trail kesayangan, namun bukan berarti tidak mempersiapkan diri untuk hal terburuk, karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.  Perlengkapan keselamatan mengurangi resiko cedera yang dapat terjadi saat kecelakaan terjadi . Anda tentu tidak ingin bukan jika cedera membuat Anda pensiun dini dari menunggani trail kesayangan Anda.  Melalui tulisan ini kami akan membahas empat  perlengkapan keselamatan selain helm yang harus anda gunakan saat melakukan kegiatan dengan trail anda.

Pelindung Pergelangan Tangan
Alat ini berfungsi untuk melindungi bagian bawah lengan Anda saat terjadi kecelakaan.  Pelindung Pergelangan Tangan dirancang untuk mencengah terjadi tekanan berlebih atau tarikan berlebih pada otot Anda.  Sebagai contoh, saat terjatuh reflek Anda tentu menggunakan tangan untuk menahan tubuh, tanpa pelindung pergelangan tangan, kejadian ini bisa mengakibatkan cedera dari mulai otot yang sobek atau tertarik hingga  patah pergelangan tangan.  
Memang jika belum pernah menggunakan perlengkapan ini, mulanya agak sedikit mengganggu dan seolah membatasi pergerak tangan. Namun lama kelamaan, pergerakan tangan Anda akan mulai terbiasa dan Anda akan merasa lebih Aman.

Pelindung Siku
Bagian tubuh manakah yang paling mengarah keluar saat menunggangi motor trail? Siku jawabannya. Siku adalah salah satu bagian tubuh paling rentan saat menaiki trail, siku anda bisa menghantam tanah terlebih dahulu saat jatuh atau tersenggol misalnya batang pohon saat melahap trek lintas alam. Benturan pada bagian tubuh ini bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya gunakan pelindung siku setiap saat. Dampak benturan dengan pengunggan trail lainnya bisa diminimalisir dengen penggunaan alat ini.

Pelindung Lutut
Perlengkapan ini memiliki fungsi yang sama dengen pelindung siku, namun bagian tubuh yang dilindungi tentu saja adalah lutut. Lutut Anda adalah bagian tubuh yang paling dekat dengan lintasan. Kendati pun terjatuh dilintasan yang bersifat lunak seperti pasir, kemungkinan bagian tubuh ini tertimpa trail anda amat besar.
Pelindung lutut yang lebih menyeluruh bahkan bisa melindungi kaki Anda dari cedera saat mengambil tikungan.  Kaki yang tersangkut sesuatu seperti tanah lintasan saat membelokan motor bisa mengakibatkan cedera serius pada lutut Anda. Dampak tumbukan itu dapat diminimalisir dengan menggunakan pelindung lutut. Alat ini juga bisa memberikan stabilitas dan pergerakan yang terbatas bagi mereka yang memiliki cedera lutut bawaan atau tulang lutut yang lemah.

Pelindung Pergelangan Kaki
Ada lebih dari dua lusin tulang yang terletak dibagian telapak kaki dan kaki anda. Tulang-tulang tersebut tidak dirancang untuk mampu menahan dampak dari benturan kerasa. Kaki anda bisa berperan sebagai penahan atau penopang saat terjadi nya kecelakaan, jika tidak dilindungi maka pergelangan kaki Anda yang akan merasakan dampaknya.  Gunakan pelindung pergelangan kaki untuk mencegah hal ini. Dan jika anda memiliki cedera engkel bawaan, pelindungi pergelangan kaki bisa mengurangi dampak dari cedera tersebut.

Salah satu kunci untuk menikmati kemesraan dengan motor trail Anda tanpa harus harus mengalami perasaan was was adalah dengan mempersiapkan beragam perlengkapan pengaman yang akan digunakan. Kendati memang belum pasti bisa menghindari cedera, namun perlengkapan-perlengkapan tadi bisa memenimalisir dampak dari hal-hal yang tidak diinginkan.

comments

`