caption trialgame

Perlukah Menggunakan Neck Brace ?

Monday, 23 October 2017

Motor trail tergolong kegiatan hobi kstrem yang penuh resiko. Mengendarai motor trail berarti paham dan siap akan resiko terjatuh kapan saja dan di mana saja. Tak heran jika kemudian perlengkapan keselamatan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh para pelakunya.

Helm, sarung tangan dan sepatu boot adalah perlengkapan keselamatan minimal yang harus Anda miliki dan gunakan. Sementara knee protector, elbow protector, chest protector dan neck brace adalah perlengkapan tambahan yang akan membuat anda menjadi lebih aman saat berpetualang.

Dan melalui tulisan ini kami akan mencoba membahasa lebih jauh mengenai neck brace atau pelindung leher. Apakah alat ini diperlukan dan wajib digunakan bagi mereka yang akan berpetualang di atas motor trail? Atau hanya kondisi tertentu saja yang memerlukan penggunaan perlengkapan ini? mari kita simak ulasannya ya.

Banyak pro kontra sebenernya mengenai penggunaan neck brace, masing-masing juga memiliki alasan yang kuat. Namun biasanya alat ini banyak digunakan oleh mereka yang berkompetisi di ajang motocross. Maklum saja, ajang ini memilik banyak handicap jumping, yang jika terjadi kecelakaan akan melindungi pemakainya dari cidera serius. Namun sebenarnya, ajang balapan motocross pun tidak mengatur mengenai penggunaan neck brace, jadi jangan heran jika kemudaian ada beberapa pebalap yang memilih tidak menggunakannya.

Nah bagaimana dengan mereka yang gemar melakukan trabas, enduro atau sekedar memacu motor trail di medan lintas alam? Apakah masih perlu menggunakan neck brace? Dalam trabas dan enduro, memang jarang atau bisa dibilang minim handicap lompatan yang tinggi. Bisa dikatakan peluang terjadinya cedera pada leher sedikit lebih rendah dibandingkan motocross.

Tapi sesuai namanya yaitu pelindung leher, alat ini memiliki peran untuk melindungi bagian vital Anda. Jika Anda sudah memiliki neck brace rasanya tidak ada salahnya untuk menggunakan alat ini dalam beragam kegiatan motor trail Anda. Toh, perlengkapan ini tidak merepotkan ketika dipakai, menggunakannya mudah dan tidak membebani tubuh Anda sehingga menimbulkan rasa lelah ketika memakainya.

Bagi yang belum memiliki, ada baiknya untuk memiliki alat ini karena prinsip dasar bermotor trail adalah jika ingin aman dari beragam cidera serius, gunakan perlengkapan keselamatan secara optimal. Kendati tidak berlomba bukan bearti Anda tidak boleh waspada bukan?

comments

`