caption trialgame

Taklukkan Padang Pasir dengan Mudah

Wednesday, 22 February 2017

Salah satu medan yang menantang bagi para pecinta motor trail adalah padang pasir. Bagi mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi, mengendarai motor trail di padang pasir seperti yang ada di Gunung Bromo, adalah perkara yang mudah. Namun hal ini tidak berlaku untuk mereka yang baru coba-coa menunggangi motor trail.

Lintasan yang tidak stabil karena karakteristik pasir yang cenderung bergerak, apalagi jika kering, tak jarang akan membuat motor trail terjebak di lintasan ini. Anda tentu akan berusaha mengeluarkan roda yang terjebak dengan menarik gas sekuat tenaga, tapi hasilnya biasanya akan membuat ban motor trail semakin amblas ke dalam pasir.

Apa sih hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengendarai motor trail di padang pasir? Simak tips dari kami ya. Semoga bisa membantu Anda kesulitan menaklukan lintasan padang pasir.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melempar pandangan Anda jauh ke depan sekaligus memindai lintasan yang akan Anda lalui. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejak awal beragam rintangan yang ada di jalur yang akan Anda lalui.  Jika Anda sudah mengetahui jalur yang akan dilalui, maka Anda bisa menarik gas motor trail dengan optimal. Jangan lupa ya untuk selalu menjaga pandangan tetap ke depan, minimal jarak 25 meter ke depan.

Kemudian atur posisi tubuh adalah dalam posisi “attack mode”, yaitu berdiri dan tangan menekuk. Tangan yang menekuk akan berfungsi sebagai peredam suspensi, sehingga jika sewaktu-waktu menghadapi medan darurat maka reaksi tangan anda akan lebih leluasa. Posisi kaki menjepit body motor, namun jangan terlalu tegang. Rileks saja, namun pastikan badan Anda menyatu dengan motor trail.

Gunakan tubuh untuk mengendalikan motor trail, jadi jangan panik jika ban motor terasa oleng, terus  berdiri dan gas motor Anda, jangan mengurangi gas. Jika Anda mengurangi gas, sudah pasti motor akan tambah oleng dan terjatuh.

Sebaiknya atur suspensi motor trail Anda dengan setting keras. Karena suspensi yang terlalu lembut akan membuat motor trail oleng ketika dipacu dengan kencang. Kadang-kadang di padang pasir secara tak terduga kita dihadang oleh batu, gundukan pasir atau lubang pasir yang tergerus oleh air hujan. Suspensi yang disetting dengan pas dan posisi tubuh dalam mengendarai motor trail yang benar akan membantu anda melewati rintangan tersebut dengan mudah. Jadi sudah siap bukan?

Image: vitalmx.com

comments

`