caption trialgame

Tips Mencuci Trail Menggunakan Kompresor

Sunday, 18 June 2017

Seperti sudah Anda ketahui bahwa mencuci motor trail Anda seusai berpetualang bukan hanya akan membuat motor trail menjadi lebih sedap di pandang mata, namun juga merupakan langkah awal perawatan motor trail Anda. Motor trail yang bersih berarti komponennya yang bersih juga, dan hal ini akan memperpanjang usia penggunaan dari beragam komponen yang menempel pada motor trail Anda.

Motor trail yang sering digunakan di medan-medan sulit, misalnya berlumpur, cenderung akan meninggalkan kotoran membandel, sehingga dibutuhkan tenaga ekstra dalam membersihkan. Karena jika dibiarkan kotoran tersebut akan mengeras dan mengakibatkan karat, atau membuat getas kabel dan komponen berbahan plastik atau karet.

Untuk mempermudah proses pencucian motor trail ada baiknya Anda menggunakan kompresor air bertekanan tinggi. Karena tekanan air dari kompresor ini biasanya bisa merontokan beragam kotoran hingga ketempat yang sulit dijangkau oleh alat pembersih.

Apa saja sih langkah-langkah mencuci motor trail dengan kompresor air? Apakah ada perbedaan dengan cara mencuci konvensional? Biar gak penasaran yuk disimak langkah-langkahnya.

Yang pertama adalah tempatkan motor trail di permukaan yang datar dan berpermukaan keras. Bila perlu gunakan penyangga. Hal ini dimaksudkan agar motor trail tetap stabil dalam proses pencucian.  Kemudian pastikan mesin dan knalpot dalam keadaan dingin. Jika mesin motor trail Anda masih panas, diamkan sejenak. Anda tentu tau akibatnya bila mesin panas bertemu dengan air yang dingin bukan? Pastikan segala macam komponen kelistrikan dan filter udara, terlindung dari semprotan air.

Nah jika motor trail sudah siap, kini saatnya menyiapkan kompresor airnya. Selalu gunakan air dari sumber air yang bersih ya. Karena air yang kotor akan mengganggu, bahkan bisa merusak kinerja kompresor air anda.  Bilas motor trail dengan menggunakan kompresor air untuk merontokan segala lumpur dan kotoran yang menempel.

Ada beberapa kompresor yang dilengkapi dengan selang untuk sabun dan shampo, jika kompresor air Anda tidak memiliki fasilitas ini, bearti lakukan proses penyabunan dan penyampoan motor trail secara manual. Lakukan dengan merata dan jika sudah selesai diamkan untuk beberapa saat. Ada kalanya Anda harus menggunakan tenaga ekstra untuk menyikat tempat tertentu yang masih kotor, seperti celah diantara kembang ban motor trail Anda.

Setelah itu kembali bilas motor trail Anda dengan menggunakan kompresor air  hingga sabun serta kotoran yang menempel luntur dari tunggangan kesayangan Anda. nah dalam kondisi ini penyangga motor trail memiliki keuntungan. Anda bisa dengan mudah membersihkan bagian bawah motor trial, tanpa perlu bekerja terlalu keras.  

Usai membilas, dan memastikan bahwa tidak ada lagi sabun dan kotoran yang menempel pada motor trail. Kini saatnya mengeringkannya. Jangan tunggu air kering ya karena dapat merusak permukaan body motor dan membuat kusam. Gunakan lap serat kering yang lembut untuk mengangkat sisa-sisa air. Kini motor trail Anda sudah bersih kembali, dan ini artinya Anda siap berkotor-kotran kembali bersama motor trail yang bersih.

comments

`