caption trialgame

Tips Menyalakan Motor Trail Yang Lama Tersimpan

Thursday, 19 October 2017

Setelah sekian lama akhirnya Anda memutuskan untuk kembali motor trail kesayangan yang teronggok di garasi. Beragam kesibukan membuat Anda lupa akan motor trail. Awalnya hanya satu minggu tidak menungganginya, lama-lama tanpa terasa bulan telah berganti dan motor trail Anda mulai dilupakan.

Namun kini Anda memutuskan untuk kembali menungganginya dan siap kembali berpetualang mengarungi beragam medan offroad. Tapi tunggu dulu. Motor trail yang lama tidak digunakan memerlukan beragam pengecekan sebelum Anda bisa menungganginya.

Kami sarankan untuk tidak mencoba itu menyalakan mesinnya terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen. Jadi apa saja sih yang perlu dilakukan? Simak tips berikut ini ya.

- Periksa Seal
Hal pertama yang harus ada periksa adalah seal. Pastikan tidak ada kebocoran pada seal terutama pada bagian mesin. Seal terbuat jadi karet, jadi pastikan kondisnya masih prima. Karet yang terlihat retak atau pecah akan menyebabkan kebocoran.

- Ganti Cairan dan Filter
Jika motor trail Anda sudah lama diabaikan, sudah pasti Anda lupa kapan terakhir mengganti oli dan filternya. Pastikan juga Anda mengganti cairan pendingin jika motor trail Anda menggunakan sistem pendingin dan filter udara. Melakukan hal ini tidak memerlukan waktu yang lama jadi jangan malas ya. Oh iya cek juga kondisi minyak rem, tidak ada salahnya untuk menambahkannya.

- Periksa Tangki Bahan Bakar
Jika motor trail Anda tersimpan dengan kondis tangki bahan bakar yang kosong, berarti Anda edang beruntung. Namun jika ada sisa bahan bakar di tangki tersebut, maka Anda harus mengurasnya terlebih dahulu. Bahan bakar yang mengendap di tangki dalam waktu yang lama akan mengakibatkan terjadi pengeroposan pada bagian dalam tangki. Kotoran yang mengendap sudah pasti akan membuat masalah pada sistem pembakaran motor trail Anda.
Jika Anda sudah membersihkannya, bearti saat ini motor trail Anda sudah siap untuk dinyalakan mesinnya. Ingat hanya menyalakan mesin terlebih dahulu, bukan mengendarainya. Masih ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan. Jika kondisi mesin tidak menyala, cek kondisi busi dan kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

- Gunakan Pelumas
Lumuri pelumas pada bagian-baagian seperti bearing, kabel dan tentu saja rantai motor trail Anda. motor yang sudah lama tidak terpakai tentu akan membuat bagian-bagian tertentu seolah menempel, memberikan pelumas mengatasi hal ini. Sambil melumas, jangan lupa untuk mengecek semua kondisi mur dan baut. Apakah sudah terpasang pada pada tempatnya, dan kencangkan jika dirasa ada yang longgar.

- Periksa Ban
Jika anda menyimpan motor trail dengan menggunakan penyangga, maka besar kemungkinan ban motor itu tidak memilik masalah. Mungkin hanya sedikit menambahkan angin untuk mendapatkan tekanan udara yang sesuai.
Namun jika tidak, kami sarankan untuk mengecek lebih teliti kondisi ban motor tersebut. Ban yang kekurangan udara jika dibebankan dengan bobot motor maka akan membuat kerusakan fisik pada ban tersebut. Pastikan kondisi karet ban masih dalam keadaan bagus, tanpa ada retakan atao sobekan yang akan membahayakan. 

- Periksa Rem, Kopling dan Gas
Pastikan tuas rem, kopling dan gas, serta pijakan rem berfungsi dengan benar. Ada kalanya, kondisi motor yang lama tidak gunakan membuat salah satunya menjadi macet. Anda tentu tidak ingin terjebak dalam kondisi tali gas macet dan rem yang tidak berfungsi bukan?

Jika semua sudah Anda lakukan, saatnya kembali bermesraan dengan motor trail kesayangan Anda. Jangan lupa untuk tetap melakuan perawatan rutin setelah berkendara ya.

comments

`