caption trialgame

7 Langkah Dapatkan Setting Karburator Ideal

Sunday, 14 April 2019

   Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai betapa pentingnya karburator dalam sistem motor trail Anda. Karburator yang salah memiliki settingan akan membuat performa mesin tidak optimal. Nah berikut ini adalah 7 langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penyetelan ulang pada karburator motor trail Anda.

  1. Siapkan Obeng
    Ada dua sekrup yang nantinya digunakan untuk menyetel karburator. Kedua sekrup tersebut memiliki fungsi berbeda. Dimana sekrup pertama digunakan untuk menyetel udara dan sekrup yang kedua untuk menyetel gas. Nah untuk menyetel kedua sekrup tersebut, Anda harus menggunakan obeng minus yang sesuai bentuk sekrupnya.
  2. Hidupkan Mesin

   Setelah obengsiap, cara menyetel karburator motor selanjutnya adalah menghidupkan mesin. Hal ini sangat penting agar bisa mendapatkan settingan yang pas. Lagi pula karburator hanya bisa bekerja jika Anda menghidupkan mesin terlebih dahulu. Jangan lupa untuk terlebih dahulu menarik tuas gas agar bisa mengetehaui apakah mesin brebet atau tidak. Apabila masih brebet, maka silahkan mengikuti langkah selanjutnya.

  1. Putar Sekrup Penyetel Gas

   Cara menyetel karburator motor selanjutnya adalah dengan cara memutar sekrup penyetel gas kearah kanan atau searah jarum jam menggunakan obeng yang sudah disiapkan. Proses ini dilakukan agar sekrup yang diputar semakin masuk kedalam karburator dan semakin menekan katup gas yang berbentuk trapesium, sehingga membuat katup gas semakin terbuka serta menjadikan mesin RPM mesin semakin tinggi.

   Penyetel gas tersebut bekerja dengan cara mendorong venturi yang permukannya miring, jadi apabila sekrup diputar maka ujung sekrup akan mendorong katup gas yang otomatis membuat katup gas terbuka. Saat memutarnya, kami sarankan cukup satu setengah atau dua putaran saja agar hasilnya bisa maksimal. Nah untuk mengetahui apakah settingannya sudah benar atau belum, maka Anda bisa sambil memutar tuas gas.

  1. Tutup Sekrup Penyetel Udara
    Langkah ke empat adalah mengatur sekrup penyetel udara yang berfungsi untuk menutup saluran idle. Proses ini dilakukan dengan cara memutar sekrup penyetel udara kearah kanan atau searah jarum jam saat RPM naik hingga di atas 1.500 rpm. Tujuannya adalah untuk menutup saluran udara yang menuju ke mesin. Hal ini akan berakibat udara yang masuk ke mesin berkurang sehingga mengakibatkan RPM mesin semakin berkurang dan putaran mesin menjadi agak brebet.
  2. Buka sekrup angin sampai RPM tertinggi
    Saat menutup sekrup angin jangan sampai mesin mati. Jika mesin mati sebelum saluran udara tertutup, maka Anda harus menghentikan putaran sekrup angin dan biarkan hingga RPM terendah yang bisa mesin capai. Kemudian langkah selanjutnya adalah tinggal memutar sekrup penyetel udara kearah kiri atau arah membuka. Jadi bisa dikatakan Anda membuka kembali saluran udara yang sudah ditutup sebelumnya, sehingga mengakibatkan RPM berangsur naik.

   Cara menyetel karburator di atas harus dilakukan secara tepat agar menghasilkan settingan yang ideal. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit kesusahan, karena harus dilakukan secara felling unuk mengetahui dimana RPM tertinggi akan muncul. Agar lebih gampang, kami sarankan untuk memutar sekrup udara hingga 2.5 putaran, namun jika RPM masih naik maka teruskan putaran hingga nantinya mendapatkan RPM tertinggi.

  1. Menurunkan Setelan Gas

   Langkah yang terakhir adalah menurunkan setelah gas untuk menghasilkan idel RPM yang ideal. Caranya adalah dengan memutar sekrup gas ke arah kiri hingga mencapai idle RPM yang diinginkan. Kami sarankan untuk memutar sekrup mencapai sekitar 900 hingga 1000 rpm yang merupakan idle RPM standar pada sepeda motor. Anda juga bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan, baik untuk kepentingan balap ataupun harian.

  1. Tes Mesin

   Nah setelah semua cara menyetel karburator motor di atas dilakukan, sekarang giliran mencoba settingan tersebut. Sebelum mencobanya, jangan lupa untuk mematikan mesin lalu hidupkan kembali. Apabila penyetelan di atas sudah benar, pasti motor akan langsung menyala dengan satu kali proses starter. Namun jika sulit menyala, maka harus dilakukan penyetelan ulang.

   Meski sudah mengkiti semua cara penyetel karburator motor di atas, terkadang ada situasi dimana motor trail tetap brebet dan susah dihidupkan. Mungkin hal ini terjadi karena masalah pada busi yang berperan sangat penting pada proses pembakaran mesin, nah mengganti dengan busi yang baru untuk hasil yang lebih optimal juga kami rekomendasikan. Jadi selamat mencoba.

comments

`