caption trialgame

Aduh, Ini Kerugian Motor Trail Gunakan Standar Samping!

Tuesday, 16 February 2021

Aduh, Ini Kerugian Motor Trail Gunakan Standar Samping!


Pada setiap sepeda motor umumnya terdapat dua bagian penyangga yaitu standar samping dan standar tengah. Tapi hampir sebagian besar motor trail hanya dilengkapi dengan standar samping saja. Ada banyak pertimbangan mengapa hanya dibekali standar samping, yang pertama adalah berkurangnya bobot.

Kemudian tingkat kepraktisan. Menggunakan standar samping tidak repot dan banyak memerlukan tenaga. Anda tidak perlu mengangkat motor, tinggal memasang standar dan memiringkannya. Standar motor yang berada di bagian samping kiri, fungsinya untuk menopang badan motor tapi tidak untuk jangka waktu lama. Karena berada di salah satu sisi, ketika menggunakan standar samping, motor akan menjadi miring ke sisi kiri.

Dengan posisi miring seperti ini, motor mudah terjatuh apabila sedikit terdorong ke sisi kanan motor yang sedang parkir. Biasanya motor juga akan mudah sekali merosot ketika diparkir di tanah yang miring atau menanjak. Sebab, standar samping malah akan menjadi poros utama motor saat di parkir. Jadi bukannya mencegah motor meluncur, standar samping malah menjadi titik pusat motor bergerak.

Karena adanya gaya gravitasi, motor akan cenderung mundur ke belakang saat parkir dengan kondisi motor sedang menanjak. Motor pun akan meluncur ke bawah dan kemudian oleng lalu jatuh ke sisi kanan yang tidak tersangga standar motor.  Titik tumpu standar samping yang hanya berada di salah satu sisi. Maka sisi yang tanpa standar akan dengan mudah meluncur karena tidak ada tumpuan yang menghambat.

Apabila menggunakan standar samping, artinya seluruh beban motor akan bertumpu pada satu titik samping saja. Dengan penggunaan jangka lama, standar samping itu akan bengkok di pangkal dan engselnya akibat menahan beban. Berdasarkan pengalamani, motor yang cuma memakai standar samping pun bikin shockbreaker depan mati sebelah. Ini terjadi di shock depan sisi kiri karena tumpuan yang tidak seimbang. Itulah mengapa dianjurkan untuk menggunakan penyangga motor  saat parkir dalam waktu lama.

Bicara soal penyangga yang ideal, alangkah baiknya saat jika parkir dalam kondisi lama Anda menggunakan standar tengah. Dengan demikian motor akan berada dalam posisi tegak. Beban motor pun akan merata pada standar tengah dan roda depan. Kemudian, titik tumpuan berada tepat di tengah badan motor.  Kedua sisi penyangga jelas memiliki titik tumpuan yang seimbang, sehingga kemungkinan motor jatuh ke samping akan sangat kecil sekali.

comments

`