caption trialgame

Aduh, Kerikil Bisa Bikin Ban Rusak!

Wednesday, 12 May 2021

Aduh Kerikil Bisa Bikin Ban Rusak!


Sebagian besar pengguna motor trail menggunakan ban tahu atau ban offroad pada bagian kaki-kakinya. Ban ini amat handal melibas beragam macam jenis lintasan maupun handicap saat berpetualang. Namun kekurangannya ban ini tidak handal saat digunakan untuk harian di atas aspal. Oleh karena itu banyak pengguna motor trail menggunakan ban dual sport untuk kegiatan sehari-hari.

Nah bagi mereka yang menggunakan ban dual sport, biasanya sering menemukan adanya batu-batu kerikil yang nyangkut atau terselip pada sela-sela alur tapak ban motor. Apalagi jika sebelumnya sering digunakan untuk trabasan.

Tapi tahukah Anda ternyata mendiamkan batu kerikil yang terselip pada alur ban ternyata bisa mempengaruhi fungsi dan masa pakai ban motor Anda Lho. Kalau ditemui ada batu kerikil yang terselip sebaiknya segera dicungkil dari ban, karena bisa mengganggu fungsi dan merusak ban kalau dibiarkan. Kalau dari fungsi, batu kerikil yang nyelip di alur ban motor bisa bikin daya cengkram ban berkurang.Ini diakibatkan saluran got air pada tapak ban bisa terhalang karena kerikil itu. Bahkan, kalau terus dipakai tanpa dibersihkan, kerikil bisa makin tertekan ke dalam tapak ban. Efeknya, bakal membuat ban motor milik brother akan benjol atau sobek.

Untuk membersihkan kerikil yang menyelip tadi Anda bisa mencungkilnya dengan menggunakan obeng minus dan lakukan secara perlahan ya. Ada kalanya ukuran kerikil cukup besar dan ternyata tertancap agak dalam, jika dilakukan dengan buru-buru maka kemungkinan akan membuat rusak alur tapak menjadi lebih besar.

Nah jika Anda gemar membawa motor dual sport trabasan, saat membersihkan dan mencuci motor, jangan lupa untuk mengecek bagian alur pada tapak ban Anda ya. Segera bersihkan jika menemukan kerikil yang menyelip.

comments

`