caption trialgame

Aduh Minyak Rem Kok Berkurang Sendiri

Tuesday, 21 May 2019

Selain oli mesin, cairan yang perlu diganti secara berkala pada motor trail yang dilengkapi dengan sistem pengereman cakram adalah minyak rem. Penggantiannya sendiri disarankan sesuai dengan buku petunjuk servis dari masing-masing pabrikan.

Lantas kapan waktu ideal untuk melakukan penggantian minyak pada sistem pengereman motor kesayangan tersebut? Motor trail disarankan untuk melakukan penggantian minyak rem setelah motor digunakan untuk menempuh jarak 20.000 km. Kendati demikian, rem masih bisa berfungsi kok jika Anda tidak menggantinya namun tentu kinerjanya akan mengalami penurunan.

Nah minyak rem sendiri dibutuhkan pada rem cakram untuk memberikan tekanan hidrolik pada kaliper rem. Komponen yang bersifat cair ini juga bisa berkurang seiring dengan pemakaian. Namun, perlu dicari tahu apa penyebab minyak rem bisa berkurang.

Minyak rem yang kuantitasnya kurang dari yang dianjurkan dapat membuat sistem pengereman tidak bekerja secara optimal. Bahkan, jika minyak rem benar-benar habis, bisa saja terjadi yang namanya rem blong.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan minyak rem berkurang. Apakah memang kuantitas minyak rem yang sudah berkurang atau memang kondisi dari pad set atau kanvas remnya yang sudah mulai aus.

Selain itu, bisa juga terjadi adanya kebocoran pada sistem pengereman. Namun, untuk yang satu ini akan mudah untuk langsung diketahui penyebabnya. Sementara untuk penyebab lainnya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada sistem pengereman.

Semakin aus kampas rem maka akan menurunkan level permukaan minyak rem di tanki master rem. Jika setelah diganti kampas rem kondisi minyak rem masih kurang, maka isi tanki master rem dengan minyak rem sampai dengan marking 'UPPER' atau level paling atas. Tetapi jika setelah diganti kampas rem kondisi minyak rem sudah menyentuh 'UPPER', maka tidak perlu mengisi minyak rem. Terhitung sepele memang, tapi jika Anda mengacuhkannya bisa-bisa malah celaka. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk mengecek minyak rem ya.

comments

`