caption trialgame

Akhirnya Kawasaki KLX Naik Kelas

Wednesday, 22 May 2019

Setelah bertahun-tahun berkutat dengan motor trail 150cc, akhirnya Kawasaki Indonesia akan meluncurkan motor trail terbaru mereka yang didukung mesin kapasitas besar. KLX230 akan menjadi motor trail pertama di atas 200cc dengan mesin 4-tak yang diproduksi di Indonesia.

Desain bodi Kawasaki KLX230 persis special engine alias SE, jadi kebayang dong sangarnya seperti apa. Isu yang beredar mengatakan bahwa mesin KLX230 bisa dibore up sampai 250 cc. Kabarnya liner blok mesin Kawasaki KLX230 yang aman untuk disumpal diameter piston lebih gede dari standar. Disebutkan pula bahwa mesin KLX230 mengandalkan pendinginan udara yang kelihatan dari sirip-sirip di blok mesin atas-bawah.

Selain itu, mesin Kawasaki KLX 230 akan meninggalkan teknologi, yang dipertahankan 10 tahun oleh KLX 150.Yaitu sistem pembakarannya yang memakai injeksi elektronik, tidak lagi karburator. Penggunaan injeksi elektronik, memang sudah jamak dipakai banyak motor trail di Indonesia.

Penggunaan teknologi injeksi elektronik, memiliki beberapa kelebihan dibanding karburator.Semisal pembakaran yang lebih stabil, karena menyesuaikan suhu dan kebutuhan pasokan bensin ke mesin.Memang, banyak isu bahwa mesin injeksi lebih rentan rusak, saat dipakai trabasan.Namun kasus itu terjadi, jika pengguna mengendarai motor di luar batasan.Semisal dipakai melintasi sungai yang dalam, yang akhirnya membuat mesin karburator juga macet.Lalu penambahan lampu sorot yang tidak rapih, membuat jalur kelistrikan jadi kacau.

Oh iya, kabarnya Kawasaki Indonesia hanya akan merilis KLX230 untuk versi offroad. Jadi tidak akan ada versi street legal yang bisa digunakan sehari-hari di jalan raya. Lantas bagaimana dengan harga? Nah hingga saat ini belum ada bocoran harga, tapi jika melihat dari harga KLX250 yang berada di kisaran 80jutaan, sepertinya KLX230 akan berada tidak jauh dibawah angka tersebut ya. Jadi bersabar dulu sampai ada pengumuman resmi dari Kawasaki Indonesia.

comments

`