caption trialgame

Akhirnya Suzuki Rilis Motor Trail Dual Sport

Monday, 6 May 2019

Kabar cukup panas datang dari brand motor asal Jepang, Suzuki. Merek yang cukup disegani di pasar global ini baru saja secara resmi meluncurkan motor dual purpose terbaru. Siapa lagi kalau bukan DR150 yang sudah lama dinanti-nantikan!

Tap jangan keburu senang dulu karena ternyata Suzuki baru merilis motor trail baru mereka di Kolombia. Seperti apa detail DR150 di Kolombia? Apakah identik dengan DR150 yang sempat terlihat sedang di uji coba di jalanan Indonesia pada beberapa waktu lalu ?

Dari segi penampilan ternyata DR150 yang diluncurkan oleh Suzuki di Kolombia tidak ada perbedaan dengan yang terlihat dengan prototype yang dicoba di jalanan Indonesia. Mulai penampakan depan sampai dengan belakang dijamin sama persis. Motor ini lebih condong seperti street bike biasa yang kemudian dipasangi ban 17-19 inch dan front fender tinggi untuk memberikan kesan dual purpose.

Dan dari peluncuran ini bisa kita pastikan pula bahwa DR150 benar-benar mencomot mentah-mentah dari motor China, Haojue NK150. Meskipun kabarnya DR150 yang diluncurkan di Kolombia ini menggunakan sistem pembakaran karburator, sedangkan yang akan dirilis di Indonesia nanti pakai sistem pembakaran injeksi.

Jadi rasanya sulit berharap Suzuki Indonesia mau merevisi desain, fitur, maupun spesifikasi DR150 yang berasal dari Haojue NK150. Maklum yang namanya produk global ya di mana-mana sama. Pro kontra pasti ada ada mengenai desain namun yang jelas, hadirnya DR150 akan membuat pilihan menjadi lebih banyak bagi mereka yang mempertimbangkan untuk membeli motor trail dual sport.

Secara sekilas memang DR150 tidak bisa head-to-head melawan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Motor ini ada di segmen yang sangat berbeda walaupun judulnya sama-sama motor dual purpose. Mungkin Suzuki justru melihat prospek yang cukup besar bagi kalangan penggemar touring adventure atau sebagai motor dinas sektor perbankan, pertanian, perhutanan, perkebunan, hingga pertambangan di mana DR150 memungkinkan masuk ke arah sana.

Lantas kapan kira-kira motor ini bakal beredar di tanah air. Jika melihat kalender event otomotif terdekat adalah Pekan Raya Jakarta yang rutin digelar pada bulan Juni. Rasanya event ini bisa menjadi moment yang tepat bagi Suzuki Indonesia untuk merilis produk terbarunya.

comments

`