caption trialgame

Aman Atasi Kaca Helm Berembun di Musim Hujan!

Tuesday, 1 March 2022

Aman Atasi Kaca Helm Berembun di Musim Hujan!


Musim hujan tampaknya akan memasuki puncaknya pada bulan maret ini. Nah untuk Anda yang menggunakan motor trail secara harian tentu harus memperhatikan keselamatan dalam berkendara, karena saat hujan jalanan akan banyak jalan yang tergenang dan licin sehingga Anda harus ekstra hati-hati dalam berkendara.

Biasanya saat berkendara di musim hujan, salah satu hal yang menjadi masalah bagi adalah kaca helm yang berembun. Kaca helm yang berembun tentu sangat mengganggu, selain itu, kaca helm yang berembun berdampak pada keselamatan dalam berkendara karena berkurangnya jarak pandang dan dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kaca helm yang berembun terjadi karena suhu di dalam helm lebih tinggi dibandingkan suhu di luar helm sehingga udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Alhasil uap air akan lebih banyak dan berubah menjadi embun. Lalu gimana cara mengatasinya? Tenang, kami jelaskan di bawah ini ya.

Yang pertama adalah menggunakan cairan anti fog. Cairan ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian yakni ada yang oles dan ada juga yang spray. Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun, dimana saat menggunakan yang bentuk oles Anda hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm. Sedangkan model yang spray, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar kaca helm dan dalam lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan anti-fog ini cukup bervariasi mulai dari 15 ribu hingga 100 ribu.

Selain cairan anti-fog, sebenarnya Anda bisa menggunakan perlengkapan sehari-hari seperti sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi. Dari perlengkapan sehari-hari tersebut, Anda bisa mencoba memilih salah satu untuk mengatasi kaca helm yang berembun.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan bahan tersebut di bagian kaca luar dan dalam menggunakan kain halus dan gosokkan secara merata. Setelah itu, diamkan sampai kering lalu gosok kembali bagian yang sudah digosok sebelumnya dengan lap lain yang kering.

Jika Anda malas melakukan kegiatan di atas setiap ingin bekendara di kala hujan, Anda bisa mengganti kaca helm Anda dengan yang kaca anti fog. Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun, dimana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog.

Oh iya pastikan juga sirkulasi udara helm terbuka dengan benar ya. Biasanya, helm memiliki sirkulasi udara. Untuk itu, pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh. Anda juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm. Akan tetapi risiko ini kemungkinan akan ada air hujan yang masuk saat berkendara.

Nah demikian tips mengatasi kaca helm berembun saat musim hujan. Kaca helm yang berembun akan menyulitkan pengendara dalam berkendara karena penglihatan terganggu karena tertutup embun. Oleh karena itu tetap waspada dan berhati-hati di jalan ya.

comments

`