caption trialgame

Aman Bawa Barang di Atas Motor Saat Mudik!

Tuesday, 26 April 2022

Aman Bawa Barang di Atas Motor Saat Mudik!


Mudik sudah menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh hampir sebagian besar warga Indonesia, khususnya menjelang perayaan hari raya keagamaan. Nah biasanya para pemudik yang menggunakan motor, bukan hanya membawa diri atau penumpang saja tapi terkadang membawa beragam macam bawaan yang disematkan pada tunggangan mereka.

Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain. Ketika berkendara membawa barang bawaan, Anda pengendara perlu memastikan kondisi motor dalam keadaan baik. Dan perlu mengatur barang bawaan dengan di posisi yang tepat, agar tidak mengganggu diri sendiri dan orang lain. Kami akan berikan beragam tips, agar Anda yang ingin mudik ke kampung halaman dan membawa banyak barang, tetap aman dan nyaman di atas motor Anda. Simak ya.

Pada saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.  Kemudian siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser, karena dapat mengganggu keseimbangan.

Dimensi barang yang Anda bawa, sebaiknya tidak melebihi lebar dari stang motor, dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar tentu sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu. Pastikan juga panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat sinyal lampu dari motor. Jika Anda menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman. Agar tidak mengganggu fleksibilitas pengendara.

Sebaiknya, jika Anda mebawa barang yang berat, lebih baik tidak membawa penumpang lagi ya karena hal ini dapat mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload). Nah patut dicatat juga bawah Anda wajib untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Maka gunakan selalu perlengkapan berkendara yang sesuai dengan peraturan, untuk perlindungan diri lebih maksimal saat berkendara dan orang lain di sekitar. Selamat mudik ya.

comments

`