caption trialgame

Aman Berkendara di Jalan Licin!

Monday, 20 September 2021

Aman Berkendara di Jalan Licin


Kendati memang belum memasuki musim hujan, namun sesekali hujan menyapa di beberapa daearh di Indonesia. Sudah pasti biasanya setelah hujan maka jalan menjadi licin dan pandangan pun terbatas, jika tidak hati-hati maka bisa-bisa motor Anda selip.

Bagi Anda yang menggunaka motor trail dual sport, untuk kegiatan harian, jangan asal melibas jalanan licin, demi tiba di tujuan dengan cepat. Tentu saja, yang harus menjadi prioritas adalah keselamatan ketika berkendara. Ada baiknya untuk memahami beberapa tips agar aman saat berkendara di jalan licin. Apa saja sih? Simak ulasannya ya.

Yang pertama-tama penting untuk diingat adalah untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Soalnya, kalau si pengendara di depan mengerem mendadak, Anda pun masih punya cukup waktu untuk ikut mengerem. Jangan lupa, ini skenario ketika jalanan basah dan licin. Jadi, Anda harus ekstra jaga jarak.

Oh iya apabila motor trail Anda masih memakai sistem manual, selalu nyalakan lampu depan motor ketika hendak berkendara di jalanan yang licin. Namun pada motor keluaran baru, biasanya lampu depan akan langsung menyala ketika mesin dihidupkan. Menyalakan lampu utama ini penting untuk mengantisipasi kondisi jalanan di depan. Selain itu, pengendara lain juga terbantu untuk melihat keberadaan Anda.

Idealnya, sebelum mengendarai motor, cek terlebih dahulu kondisi ban. Soalnya, berkendara dengan ban motor yang sudah botak, di jalanan yang licin, semakin meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai ban sudah botak, baru Anda menggantinya. Oh iya , Saat melalui jalanan licin, turunkan kecepatan motor, tak hanya ketika berbelok, tapi juga saat melajut lutur. Dengan cara ini, Anda bisa semakin terhindari dari risiko kecelakaan.

Langkah aman berikutnya ketika berkendara di jalanan licin adalah dengan tidak memakai helm yang berkaca gelap. Sebab ternyata, helm yang dilengkapi kaca gelap, malahan membuat pandangan lebih terbatas.  Dan yang terakhir adalah sebelum Anda menyalip kendaraan yang ada di depan, pastikan kondisi jalanan sudah aman. Jika jalanan yang Anda lalui memiliki dua arah, maka pastikan arah berlawanan telah kosong dari kendaraan lain, sebelum mendahului. Jaga selalu keselamata ya.

 

comments

`