caption trialgame

Aman Gunakan Ban Lebar di Motor Trail!

Tuesday, 29 March 2022

Aman Gunakan Ban Lebar di Motor Trail!


Untuk Anda yang memodifikasi motor trail Anda menjadi supermoto tentu mengalami penggantian pada bagian kaki-kaki, khususnya pada bagian ban. Nah biasanya banyak para pemilik motor yang kemudian menggunakan ban dengan model lebar agar terlihat lebih keren. Ban berukuran lebar ini juga memiliki kelebihan lain seperti stabilitas saat berkendara, dan handling lebih nyaman jika ukuran ban sesuai dengan velg. Namun, jika ukuran  velg  dan ban tidak sesuai, handling akan menjadi lebih berat. Apa yang perlu dicermati dari penggunaan ban lebar? Kami coba uraikan ya, biar tidak salah kaprah saat Anda mengganti ke ban yang lebih lebar.

Selain memiliki sisi positif, ban lebar memiliki sisi negatif juga dong, yakni membuat bobotnya jadi lebih berat, sehingga memaksa mesin bekerja ekstra. Ini dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Dan semakin lebar ban, akan menjadi semakin berat, otomatis putaran roda juga akan berat. Dari sektor mesin, kalau terlalu besar, akan membuat mesin bekerja ekstra keras. Dan buntutnya pemakaian bahan bakar jadi malah lebih boros.

Oh iya penggunaan ban lebar asli keluaran pabrik, tidak akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar karena sudah melewati uji coba dan perhitungan yang tepat. Namun jika  ban lebar  itu hasil modifikasi, sebaiknya juga harus mengganti pelek. Tujuannya agar ban dapat "duduk" dengan pas di bibir pelek.

Mengganti ban standar dengan ukuran lebih lebar, dianggap dapat meningkatkan kemampuan sepeda motor ketika melibas tikungan. Sebab dengan ban lebar permukaan tapak ban yang menyentuh aspal  jadi lebih luas, sehingga daya cengkeram ban jadi lebih baik.

Ban lebih lebar membantu  saat menikung. Karena tapakan ban ke bagian aspal menjadi lebih banyak, sehingga kita tidak ragu saat kondisi motor pada posisi sangat miring.Tapak ban yang lebih lebar dapat meningkatkan kemampuan pengereman. Saat melakukan pengereman menjadi lebih efektif karena cengkraman karet ban lebih banyak saat di aspal.

Namun pengendara tidak bisa sembarangan menikung. Karena lebar tapak ban sejatinya tidak memengaruhi kemampuan seseorang di atas motor. Memakai ban lebar tidak serta merta membuat seseorang langsung jago menikung. Ban lebar  hanya membantu pengendara saat motor dalam keadaan miring di tikungan. Dalam posisi menikung miring, harus disesuaikan dengan kecepatan. Jika motor di bawah 30 kpj, tidak mungkin posisi terlalu miring walau pakai ban lebar.

comments

`