caption trialgame

Awas Motor Trail Bekas Banjir Marak Beredar

Wednesday, 29 January 2020

Bagi Anda yang sedang hunting motor trail, terutama motor trail bekas atau second, selain harus teliti agar tidak mendapatkan motor bekas yang tidak bagus, kini harus ekstra waspada karena saat ini banyak beredar motor second bekas banjir.

Memilih motor trail second yang dalam kondisi normal saja, Anda masih harus berhati-hati karena biasanya motor akan dikondisi seolah-olah dalam keadaan prima. Nah bencana banjir yang terjadi di awal tahun di sekitaran Jakarta Raya, membuat pasar motor bekas banjir membludak.

Hampir sebagian besar korban banjir, lebih memilih menjual motor mereka dan menggantinya dengan yang baru. Maklum saja, ongkos membetulkan motor yang terendam banjir biasanya tidak sedikit, dan kendati sudah mengalami service, performanya juga belum tentu bisa kembali seperti semula.

Membedakan motor trail yang bekas terkan banjir bisa dibilang susah-susah gampang karena biasanya sang pemilik motor tentunya sudah membersihkan terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara kok yang bisa dipakai untuk menjadi panduan untuk mendeteksi motor trail yang bekas terendam banjir atau tidak.

Kendati sudah dibersihkan ternyata ada ada beberapa titik yang biasanya luput dari pembersihan. Biasanya para pemilik motor hanya akan membersihkan bagian-bagian luar atau bagian yang bisa terlihat dengan mudah.Sudut tersumbunyi kadang malah luput dari langkah pembersihan dalam rangka mengusir jejak banjir di motor.Kalau bagian bodi, sambungan dek atau plastik bodi bisa dicermati dengan cara dibuka atau dipisah.

Nah, dari situ biasanya sisa-sisa air kotor bekas endapan tanah luput dari pembersihan, karena harus dibuka terlebih dahulu baru terlihat, kalau tidak dibuka tidak akan terlihat. Lebih detail lagi, perkabelan atau soket biasanya luput dari pembersihan karena memang tidak terjangkau langsung oleh tangan.

Terakhir mainkan gerak bebas saklar lampu sein, klakson, lampu jauh dan dekat, serta starter. Pastikan pergerakannya halus alias tidak tersendat dan semuanya beroperasi dengan baik. Apabila mendapati gerak tidak bebas seperti ada gesekan pasir, bisa dipastikan motor bekas banjir. Setelah mengering, kotoran berupa endapan akan sulit hilang dari rumah saklar.

comments

`