caption trialgame

Baca Dulu Ini Sebelum Ubah Motor Trail jadi Supermoto!

Wednesday, 9 June 2021

Baca Dulu Ini Sebelum Ubah Motor Trail jadi Supermoto!


Kendati pilihan motor trail di Indonesia semakin banyak tapi harus diakui bahwa jenis supermoto belum banyak mendapat perhatian lebih dari para produsen motor. Para penggila motor trail yang ingin memiliki supermoto harus melakukan modfikasi sendiri agar motor trail-nya memiliki spesifikasi yang sesuai.

Padahal penggemar supermoto makin banyak banyak belakangan ini, utamanya di kota besar yang sangat minim jalanan tanah. Tak heran banyak konsumen yang melakukan modifikasi motor trail versi tanah menjadi supermoto yang diklaim lebih ramah ketika digunakan di jalan raya. Lalu, jika punya motor trail dan ingin dimodifikasi menjadi supermoto, kira-kira berapa ya biaya yang harus dikeluarkan? Penasara kan ? simak ulasannya ya.

Untuk mengubah tampilan dari trail menjadi supermoto hal yang pertama diubah adalah velg dan ban. Pertama adalah mengganti kaki-kaki (wheel set) khususnya di velg dan ban. Velg pakai 17 inci dan bannya pakai non pacul atau bisa dual purpose.  Agar tampilannya sedikit kekar, biasanya menggunakan velg dan ban berprofil sedikit lebar. Namun ini harus disesuaikan lagi dengan ukuran swing arm, jika velg atau ban terlalu lebar dikhawatirkan akan berbenturan dengan swing arm.  Umumnya ukuran velg depan yang pakai 2,5 sampai 3 inci, sementara yang belakang 3 atau 3,5 inci. Ban bisa pakai pakai 110 untuk depan dan 140 di belakang.

Selanjutnya komponen yang harus diganti adalah tromol. Sebaiknya Anda tidak menggunakan tromol bawaan pabrik karena akan lebih praktis ketika memutuskan ingin kembali ke motor garuk tanah atau ingin bermain trail. Setelah area velg dan ban diganti, setang juga bisa diganti, tapi untuk stang biasanya opsional.

Nah terkait harga, mengubah tampilan dari trail tanah ke supermoto biasanya  memiliki harga termurah mulai dari 3 juta rupiah saja. memang bujet sebesar itu hanya lebih fokus pada ubahan wheel set, sementara part lain seperti aksesori knalpot, lampu atau yang lainnya belum termasuk. Kalo mau tampilan lebih lagi, tentu Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi ya.

comments

`