caption trialgame

Baca Dulu Sebelum Ganti Ban Supermoto Bertapak Lebar

Tuesday, 16 June 2020

Baca Dulu Sebelum Ganti Ban Supermoto Bertapak Lebar


Bagi para penggila supermoto yang biasa menggunakan untuk kegiatan harian, ban dengan  tapak lebar seolah menjadi primadon karena diyakini memberi kenyamanan ekstra dari sisi kestabilan. Kendati demikian mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar tidak bisa dilakukan sembarangan dan bisa memiliki efek negatif lho.

Secara visual ban tapak lebar pada supermoto akan membuat tongkrongan motor Anda menjadi lebih lebih gagah. Namun yang juga harus dipikirkan adalah ukuran maksimal yang bisa diaplikasikan agar tidak membebani sepeda motor. Jika ukuran ban terlalu lebar maka konsekuensinya adalah anda harus mengganti swing arm atau lengan ayun motor.

Keuntungan menggunakan ban tapak lebar adalah lebih stabil saat menikung. Alasan itu yang membuat para pemilik sepeda motor sport atau juga jenis lain menaikkan ukuran ban terutama soal lebar tapak. Ini amat sangat berpengaruh untuk Anda yang gemar turun di lintasan balap, karena biasanya akan banyak kelokan. Tapi ternyata untuk penggunaan sehari-hari, tidak terlalu optimal. Jika digunakan di perkotaan yang jalannya lebih banyak lurus, performa ban tapak lebar tidak terlalu terasa lho.

Yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti adalah ukuran yang tepat. Misalnya jika sebelumnya supermoto Anda menggunakan ukuran lebar tapak di rentang 110, jangan menggantinya dengan ukuran 150 karena terlalu ekstrim. Ukuran 120 adalah ukuran yang pas, atau jika ingin menguji kekuatan motor bisa menaikan hingga 130.

Mengapa demikian? ada beberapa efek negatif jika menggunakan ban dengan tapak terlalu lebar. Pertama, kerja mesin dan peranti pendukung yang semakin berat.”Tenaga mesin mungkin masih cukup, tapi ngos-ngosan karena lebih berat.  Karena cengkraman ban menjadi lebih baik maka, sebaiknya toris mesin ikut dinaikan.

Lalu rem juga semakin berat menyangga daya dorong yang semakin besar, termasuk rantai set yang harus menarik beban ekstra.  Tak hanya itu, beban motor untuk menikung juga terlalu akan lebih berat, meski stabil. Ujung-ujungnya, konsumsi bahan bakar pasti semakin boros. Jadi, alangkah baiknya jika sebelum menaikkan ukuran ban, kenali dulu performa supermoto Anda ya.

 

comments

`