caption trialgame

Bahaya Membeli Bensin Eceran?

Tuesday, 29 March 2022

Bahaya Membeli Bensin Eceran!


Ada kalanya situasi mengharuskan Anda membeli bensin di luar SPBU resmi. Entah itu karena kehabisan bensin saat trabasan, atau memang letak pom bensin yang jauh sehingga Anda sulit menemukannya. Biasanya saat itu bensin eceran menjadi alternatif yang diburu oleh mereka yang kehabisan bensin.

 Biasanya, harga bensin eceran selalu lebih mahal dibandingkan bensin yang dijual di SPBU. Selain itu, ada juga potensi Anda bakal menerima bensin oplosan untuk dimasukkan ke motor trail Anda. Padahal, efek bensin oplosan untuk motor sendiri cukup beresiko. Ada beberapa hal yang bisa membuat bensin oplosan sangat beresiko untuk mesin motor. Nah kira-kira resiko apa saja sih yang bisa menimpa motor trail Anda jika meminum bensin eceran.

Dampak pertama yang  muncul di mesin ketika menggunakan bensin oplosan adalah suara mesin motor men jadi lebih berisik dari biasanya. Bensin oplosan komposisinya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor akan memunculkan banyak kerak di piston, kepala silinder, dan sekeliling payung klep. Adanya kerak ini akan menimbulkan knocking di mesin motor. Knocking di mesin motor inilah yang akan membuat suara mesin motor kamu menjadi lebih berisik.

Selain suara mesin yang makin berisik, performa mesin motor juga bisa jad makin loyo karena menggunakan bensin oplosan. Hal ini lagi-lagi dikarenakan banyaknya kerak atau endapan yang ada di mesin motor. Bahkan, tidak cuma makin loyo, tapi motor Anda bisa juga tiba-tiba mogok. Kondisi seperti ini pun bisa membuat pembakaran bahan bakar motor semakin boros. Akibatnya, uang yang keluar dari kantong pun semakin banyak. Tidak cuma itu, lama kelamaan mesin motor juga bisa rusak karena terlalu banyak kerak menempel di mesin motor. Alhasil, motor sering keluar masuk bengkel bahkan bisa turun mesin juga.

Memang tidak semua pengecer mengoplos bensin yang mereka jual, untuk itulah Anda perlu tahu cara  untuk membedakan mana bensin murni dengan bensin oplosan. Biasanya bensin asli memiliki warna yang lebih jernih dibandingkan dengan bensin oplosan. Bensin oplosan akan memiliki endapan di bawah botolnya. Jika Anda melihat bensin eceran yang seperti demikian, lebih baik urungkan untuk membelinya ya.  

comments

`