caption trialgame

Ban Motor Sering Kempes? Ini Penyebabnya!

Thursday, 21 January 2021

Ban Motor Sering Kempes? Ini Penyebabnya!


Masalah ban motor kempes menjadi hal yang pernah dialami oleh semua pemilik kendaraan. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu ketika sedang berkendara, apalagi jika sedang terburu-buru menuju suatu tempat. Apalagi jika motor trail Anda biasa digunakan untuk kegiatan harian, sudah pasti akan sangat menjengkelkan.  Sebenarnya masalah ban motor kempes bisa diminimalisir jika Anda mengetahui apa saja penyebab yang biasanya terjadi. Untuk membantu Anda, berikut informasi terkait apa saja penyebab ban motor kempes.

Yang pertama adalah ban sudah tipis. Kondisi ban motor yang sudah tipis sebenarnya tidak baik bila dipaksakan pemakaiannya secara terus menerus. Apalagi jika dipakai untuk trabasan melewati jalan yang berbatu. Biasanya kondisi ban yang sudah tipis permukaanya mudah retak, sehingga membuat angin ban keluar. Maka dari itu, segera ganti ban motor bila sudah tipis demi menghindari masalah yang lebih parah lagi, seperti ban bocor saat sedang di perjalanan.

Mungkin karena alasan tidak menyadarinya atau belum sempat mengisi udara pada ban, sehingga membuat pengendara motor tidak memompa ban dengan segera. Bila dibiarkan secara terus menerus, apalagi jika sering membawa beban berat, maka keadaan ini akan membuat ban motor jadi semakin kempes. Perlu diketahui, ban yang terbiasa dibawa dalam kondisi kempes dan sering membawa beban berat akan memicu lekukan pada ban. Lekukan yang terjadi ini akan menimbulkan retakan pada ban dan lama kelamaan akan membuat ban semakin kempes.

Biasanya jika Anda sering melintasi jalanan berlumpur membuat motor kedapatan kerikil kecil dan butiran pasir yang masuk ke sela-sela antara velg dan ban. Dua material tersebut bisa mengganjal bagian frame ban yang semestinya rapat menempel ke velg. Akibatnya, angin ban bisa keluar secara perlahan-lahan. Kerak velg yang berasal dari bagian dalam juga mampu menghalangi sela-sela ini, sehingga memicu kebocoran yang berasal dari bagian sambungan ban dan velg. Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa memeriksa apakah ada kebocoran dengan menggunakan air sabun yang dilumuri pada bagian sambungan ban dan velg. Jika terdapat bocor, maka akan ada gelembung udara yang keluar dari sela-sela ban.

Penyebab ban motor kempes selanjutnya adalah ban botak yang disebabkan oleh usia ban yang sudah lama. Kondisi ban botak sangat membahayakan karena bisa menyebabkan slip saat berkendara, khususnya saat melewati jalan yang berpasir atau basah. Ban botak juga mudah sekali terkena benda tajam, misalnya pecahan kaca atau kerikil. Ban yang sudah berusia lama biasanya memiliki tekstur ban jadi lebih keras dan membuat permukaan ban licin ketika melalui belokan tajam. Pastikan membeli ban motor yang kondisinya baru. Jangan tergoda membeli ban yang bekas. Ciri ban yang berkualitas adalah yang memenuhi standar uji kualitas nasional (SNI) dan internasional.

Ban motor kempes juga bisa dialami karena pentil ban yang kurang kencang dan tutup pentil tidak terpasang, maka akan membuat angin keluar dan kempes. Pentil ban sendiri berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya angin yang berasal dari ban. Tutup pentil yang bagus kualitasnya pasti dilengkapi oleh karet perapat yang ada di dalamnya.

comments

`