caption trialgame

Bedah Motor Trail Sang Juara

Monday, 16 September 2019

Dalam kurun waktu lima tahun belakangan, nama Cody Webb semakin berkibar kencang di dunia motor trail. Atlet asal Amerika serikat ini bisa dibilang merupakan salah satu pengendara terbaik di ajang Hard Enduro, Enduro Cross dan Super Enduro. Gelar juara yang diraihnya pun sudah melewati hitungan jari.

Disamping skill yang mumpuni, tentu saja seorang pebalap yang handal harus memiliki tunggangan yang luar biasa, serta dukungan kru yang tidak kalah hebatnya. Nah saat ini Cody biasa menggunakan motor trail KTM 300 EXC TPI atau KTM 300 XC-W TPI yang sudah mengalami beragam perombakan agar sesuai dengan seleranya dan tentunya agar tampil optimal di beragam ajang yang diikutinya. Nah penasaran kan apa saja sih spesfikasi dan perombakan yang dilakukan pada motor trail Cody? Simak ulasannya ya.

Motor trail yang biasa digunakan oleh Cody bermesin 2-tak dan pada bagian dalamnya tidak terlalu banyak terdapat ubahan. Namun salah satu ubahan yang cukup menarik adalah dia tidak menggunakan sistem kopling standar bawaan pabrik, namun menggantinya dengan kopling buatan Hinson yang durabilitasnya lebih terbukti.

Pada bagian dalam mesin, tanda casting pada cylinder OEM telah dihapus, tapi tidak ada porting atau pekerjaan lain yang dilakukan pada cylinder head. Mapping ECU 100% menggunakan mapping factory, bersifat sangat rahasia, dan tidak untuk umum. Selain mapping ECU, kombinasi pipa knalpot FMF dan silencer-nya juga masih menjadi rahasia. Oh iya KTM 300 TPI ini dipakai dalam kondisi yang sangat ekstrem, sehingga dirasa perlu untuk memasang kipas radiator tambahan dengan saklar manual untuk menjaga mesin agar tetap dingin.

Perubahan yang signifikan terlihat pada bagian sasis. Suspensi WP XPLOR 48 bawaan KTM 300 TPI ditanggalkan, lalu diganti dengan WP AER 48 Cone Valve di bagian depan dan suspensi WP TRAX shock pada bagian belakang. Maklum saja dua suspensi ini bisa diatur settingnya disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

Lantas ubahan apalagi yang dilakukan Cody pada motornya? Kaliper rem belakang factory Brembo, triple clamps XTRIG, footpegs buatan IMS, handle koplling dan rem depan dari ARC, stang Renthal, hand guard Acerbis, disc guard Acerbis, sprocket Renthal, sarung jok Selle Dalla Valle, throttle housing dari Nihilo Concepts, velg dan hub standar bawaan KTM 300 TPI, ban belakang Dunlop AT81EX dengan foam mousse tube, dan ban depan Dunlop MX52.

Komponen-komponen yang terpasang pada motor yang digunakan Cody, terhitung masih bisa didapatkan di pasaran, tapi tentu saja Anda harus merogoh kocek dalam-dalam jika ingin memiliknya. Jadi siap-siap terkuras tabungannya ya.

Image credit : motorcyclesports.com

comments

`