caption trialgame

Beragam Penyebab Rusaknya Kunci Kontak Motor!

Wednesday, 7 April 2021

Beragam Penyebab Rusaknya Kunci Kontak Motor!

 
Hampir semua motor menggunakan kunci kontak konvesional yang masih menggunakan anak kunci. Kendati ada beberapa jenis motor yang telah menggunakan smart keys atau kunci pintar, tapi hampi sebagian besar motor trail yang beredar di Indonesia masih menggunakan kunci konvensional.

Pada umumnya kunci kontak mengalami masalah / kendala saat motor telah menginjak umur 4 – 5 tahun pemakaian, sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Karena ada banyak kasus yang umur motor baru 2 tahun sudah mulai mengalami kendala dari kunci kontak tersebut. Seperti kunci kontak doll atau susah saat digunakan untuk memutar anak kunci, apa sih yang membuat hal ini bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasi dan menghindarinya? Simak ulasan kami ya.

Hal yang paling sering menjadi penyebab adalah anak kunci yang bengkok, hal ini biasanya terjadi karena Anda sering terburu-terburu saat ingin menghidupkan motor dan tidak memperhatikan apakah anak kunci benar – benar masuk kedalam rumah kunci. Karena anak kunci kontak yang belum masuk kedalam rumah kunci, akan membuat anak kunci kontak susah digunakan dan bengkok. Jadi jangan terburu-buru saat Anda menyalakan motor ya.

Untuk mengatasi hal ini dengan sangat murah dan mudah, caranya cukup meluruskan anak kunci kontak dengan tang atau menggetoknya dengan menggunakan palu. Usahakan saat menggetoknya dengan menggunakan palu, cari tatakan yang kuat dan lurus. Agar anak kunci kontak tidak bertambah bengkok.

Seiring termakan waktu pada bagian sisi pinggir anak kunci kontak akan mengalami pengikisan, hal ini ditandai dengan warna kuning ke emas – emasan pada bagian anak kunci tersebut. Bagian gerigi yang terkikis pada anak kunci kontak akan membuat anak kuci sering terlepas sendiri bahkan akan membuat geriri pada rumah kunci ikut terkikis juga. Yang akibatnya akan membuat rumah kunci doll atau rusak.

Ada dua hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan duplikat anak kunci, atau mengganti satu set kunci kontak dengan yang baru. Jika rumah kunci sudah doll, sebaiknya lakukan opsi kedua ya, karena rumah kunci yang doll bisa diputar dengan menggunakan anak kunci lain lho.

Cara paling tentu saja menduplikat kunci kontak, biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 30.000, – Rp 50.000,. Sedangkan untuk mengganti kunci kontak assy harganya lumayan bervariasi tergantung ori tidaknya barang tersebut.

Ada kalanya rumah kunci terasa seret dan sulit untuk diputar, kadang kala terasa keras, kaku, atau sulit diputar. Jika dipaksa, tidak mustahil menyebabkan anak kunci bengkok atau bahkan patah. Bagaimana cara mengatasi lubang kunci motor yang seret? Pertama, bubuhkan cairan penetran untuk melumasi lubang kunci. Kemudian, lakukan penyemprotan beberapa kali agar kotorannya keluar. Kedua, rutinkan pelumasan menggunakan cairan penetran.

Hal ini dapat dilakukan setiap bulan sekali agar keluar-masuk anak kunci menjadi lancar. Jika seandainya lubang kunci sudah seret, dan anak kuncinya terlanjur masuk dan patah, maka segera keluarkan. Jangan biarkan anak kunci berada di sana terlalu lama. Gunakan pinset atau penjepit untuk mengeluarkannya. Jika kesulitan, semprotkan cairan penetran agar anak kunci mudah ditarik. Jika anak kunci dibiarkan terlalu lama, bisa jadi kotoran yang ada di lubang kunci membuat anak kunci semakin seret dan kian lama, kian sulit dikeluarkan. Sepele memang, tapi anak kunci dan rumah kunci memerlukan perawatan juga lho.

 

comments

`