caption trialgame

Beragam Pilihan Ban Supermoto

Wednesday, 4 November 2020

Beragam Pilihan Ban Supermoto


Buat Anda yang mau merubah motor trail Anda menjadi supermoto, salah satu perubahan yang wajib dilakukan adalah penggantian ban. Memang motor trail yang dipasarkan di Indonesia hampir sebagian besar merupakan jenis dual purpose atau supermoto  sehingga ban yang digunakan memiliki performa yang cukup mumpuni di lintasan aspal.

Nah bagaimana dong dengan yang memiliki motor trail dengan ban pacul? Pasti gak bakal optimal menggigit aspal, apalagi jika ingin touring luar kota jarak jauh, sudah pasti gak nyaman dan tidak aman menggunakan ban pacul. Tenang, kita akan coba berikan beberapa jenis ban supermoto yang cocok buat digunakan harian atau trabasan. Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah milik pabrikan asal Italia yaitu Pirelli. Ada dua jenis ban Pirelli yang bisa menjadi pilihan yaitu Pirelli Scorpion Trail II dan Pirelli MT60. Ban Pirelli Scorpion Trail II memiliki tapak yang mirip ban on road, namun jangan salah ternyata ini ban perpaduan antara sport touring dengan enduro.  Ban Pirelli tipe ini masih sanggup diajak melewati medan semi offroad ringan.  

Nah sementara itu Pirelli MT60 memiliki kembangan offroad yang lebih terlihat dibandingkan saudaranya. Gak heran jika performa di lintasan offroadnya menjadi lebih handal, tapi bukan berarti ban ini ompong di aspal ya. Ban tipe ini mampu melibas aspal dengan baik dengan tingkat gigitan yang handal. Untuk harga dua tipe ban Pirelli ini, Anda harus menyiapkan bujet minimal 3 juta untuk sepasang ban depan dan belakang ukuran  120/70 dan 150/60 ring 17.

Buat yang memiliki bujet terbatas, jangan khawatir ada dua merk ban lokal yang bisa Anda handalkan yaitu Zeneos Turino dan Swallow SB117 Street Enduro. Kendati buatan lokal, tapi performanya boleh dibilang tidak kalan mentereng dengan ban import. Apalagi harga yang ditawarkan ban lokal biasanya hanya sepertiga dari ban impor.

Zeneos Turino dan Swallow SB117 Street Enduro biasa digunakan untuk touring jarak jauh, namun keduanya hanya bisa melibat lintasan semi offroad. jadi jangan berharap bisa melahap medan offroad berat dengan dua ban ini ya sudah pasti tidak bakal ngangkat.

Oh iya, sebagai catatan Swallow SB 117 Street Enduro, merupakan ban sejuta umat yang paling banyak digunakan, bahkan bukan di modifikasi supermoto saja, ban ini juga digunakan di banyak tipe motor, baik touring maupun motor custom.

Memang masih banyak merk-merk lain, namun karena satu dan lain hal, kami akan membahas merk-merk lainnya pada artikel-artikel selanjutnya ya.

comments

`