caption trialgame

Beri Perhatian Lebih Aki Motor Trail Yang Jarang Digunakan !

Wednesday, 9 June 2021

Beri Perhatian Lebih Aki Motor Trail Yang Jarang Digunakan !


Aki merupakan salah satu bagian yang paling vital karena berhubungan dengan bagian kelistrikan pada motor trail Ana. Selain itu, aki juga memberikan sumber energi pada beberapa bagian elektronik pada motor. Saat ini ada  2 jenis aki yaitu kering dan basah. Kedua perbedaan jenis aki ini bukan hanya terletak pada bentuk elektrodanya saja. Aki kering bentuk elektrodanya seperti gel dan aki basah berbentuk cairan.  

Nah di masa pandemi ini, banyak penggila motor trail yang mengistirahatkan tunggangan kesayangan mereka. Maklum saja tidak karena dalam kondisi seperti ini alangkah lebih baik jika tinggal di rumah saja dibandingkan berkumpul dan kemudian melakukan trabasan yang tidak mengindahkah protokol kesehatan.

Lalu apabila motor trail jarang dipakai, apa perlu untuk mencopot akinya? Jika Anda berencana dalam waktu lama tidak menggunakan motor trail Anda, maka sebaiknya kabel konektor aki di copot. Sebab, meski mesin dalam keadaan mati, namun komponen kelistrikan pada motor masih bisa menyedot arus dari aki maupun baterai. Jika hal ini berlangsung lama, aki bisa jadi soak.

Untuk melepas aki pun jangan sembarangan ya, ada tutorial yang harus dipahami juga lho. Yang pertama mulailah melepas kabel konektor kutub negatif. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan di bagian kelistrikan motor. Melepaskan kabel konektor kutub positif terlebih dahulu, berisiko menimbulkan korsleting, yang akhirnya malah merusak banyak komponen.

Secara penampakan, Anda bisa membedakan kutub negatif dan kutub positif pada aki dengan mudah. Sebab biasanya, kutub positif ditutup karet merah.  Ketika hendak memasangnya kembali, lakukan langkah yang berlawanan. Pasang kabel positif pertama kali, sebelum kabel negatif.

Namun jika Anda malas untuk mencopot aki, pastikan untuk tetap memanaskan mesin motor Anda setiap hari. Hal ini demi memastikan kondisi performa motor beserta komponennya tetap optimal. Mengapa memanaskan motor ini penting? Hal tersebut karena ketika memanaskan motor, aki lebih mudah mendapatkan daya listrik dan menyimpannya. Sehingga kelak bisa digunakan sebagai tenaga untuk menyalakan mesin.

 

 

comments

`