caption trialgame

Biang Kerok Penyebab Ban Bocor Halus!

Thursday, 29 April 2021

Biang Kerok Penyebab Ban Bocor Halus!


Ban bocor menjadi salah satu resiko yang biasa dihadapi oleh para pengguna kendaraan, termasuk penggila motor trail. Tapi yang kondisi yang paling menjengkelkan terjadi saat ban motor trail mengalami bocor halus. Kondisi ini sering terjadi, dan seringnya para pengendara tidak menyadari karena biasanya kebocoran tidak terlihat dipermukaan ban. Biasanya hal ini baru disadari setelah semakin lama ban terasa mengempis dan kehilangan tekanan udara saat digunakan.

Lalu apa sih penyebab terjadinya bocor halus pada ban motor trail ? Ada banyak penyebabnya tentu, tapi kami akan menjelaskan hal yang paling sering menjadi aktor utama terjadinya bocor halus ini. simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah kondisi ban yang sudah tidak prima lagi. Ban yang sudah berusia tua atau sudah cukup lama digunakan untuk melintasi jalan tentu akan lebih mudah mengalami bocor halus karena permukaannya yang sudah mulai menipis akibat gesekan dengan aspal. Bagi para pengguna supermoto, jika ban sudah terlihat aus atau gundul, sebaiknya segera diganti baru karena bisa memicu terjadinya bocor halus juga dapat membahayakan keselamatan selama berkendara di jalan raya.

Nah bagi Anda yang gemar trabasan, sering melewati jalanan yang tidak rata atau berkerikil, juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bocor halus. Terlebih jika melewati jalanan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Risiko kebocoran pada ban pun akan jauh lebih besar. Hal ini dikarenakan beberapa bebatuan di jalan memiliki permukaan yang cukup tajam. Jika permukaan mengenai ban motor, sudah pasti yang akan terjadi adalah kebocoran. Bahkan risiko terburuknya, ban motor bisa mengalami pecah sewaktu-waktu.

Velg merupakan salah satu komponen yang sangat dekat kaitannya dengan ban. Kedua komponen ini terpasang dan harus saling melengkapi. Sebuah ban tidak akan bisa berdiri tegak tanpa keberadaan dari kerangka velg. Kondisi velg yang bengkok atau penyok juga sering menjadi salah satu alasan terjadinya ban motor bocor halus. Ini biasa terjadi karena bagian velg yang penyok memicu timbulnya rongga atau ruang kosong yang seharusnya terhubung dengan ban dengan rapat. Akibatnya, lewat rongga ini tekanan angin dalam ban pun akan terus keluar atau berkurang.

Penyebab ban motor bocor halus bisa terjadi karena faktor internal. Salah satunya dipengaruhi pentil ban motor yang kendor. Seringkali para pemilik kendaraan tidak menyadari akan hal ini. Permukaan ban motor terlihat baik-baik saja namun sebenarnya masalah terletak pada komponen pentil yang kendor atau tidak kokoh seperti sebelumnya. Jika sudah demikian, solusi utama yang harus dilakukan adalah membawa motor ke bengkel.

Oh iya, jika ban motor pernah mengalami bocor sebelumnya atau memiliki riwayat bekas tambalan, hal ini apat memicu terjadinya bocor halus. Ini biasanya disebabkan oleh pengerjaan tambalan yang kurang rapi sehingga masih terdapat sedikit permukaan ban yang terbuka. Selain itu, bisa juga tambalan yang ditempelkan pada permukaan ban motor kurang merekat dengan kuat.

comments

`