caption trialgame

Biar Mudik Masih Lama Persiapkan Dari Sekarang Ya!

Thursday, 7 April 2022

Biar Mudik Masih Lama Persiapkan Dari Sekarang Ya!


Bulan Ramadhan memang baru saja dimulai, tapi ada yang berbeda dengan bulan puasa sebelumnya. Tahun ini diyakini pemerintah bakal mengijinkan mudik lebaran untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid -19 melanda dunia dalam dua tahun terakhir.

Memang masih harus ditunggu apakah mudik dengan menggunakan sepeda motor kembali diperbolehkan atau tetap dibatasi, namun jika ternyata diperbolehkan tentu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan motor Anda untuk melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman ya.

Persiapan perjalanan jarak jauh memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor. Adapun komponen motor yang harus dicek seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik. Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala sebelum berangkat.

Namun tentu saja yang paling mendasar adalah menjaga kesehatan tubuh. Menjelang hari keberangkatan siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Ada kemungkinkan Anda sedang berpuasa ketika melakukan perjalanan. Saat berpuasa biasanya kondisi tubuh akan menurun karena tidak ada asupan makanan dan minuman, dan hal ini bisa berdampak pada konsentrasi. Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi ya.

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati Anda  dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan. Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas. Gunakan GPS atau digital maps untuk mendapat pencitraan rute dan petunjuk jalan yang akan dilalui sehingga lebih mempermudah Anda.

Pastikan juga Anda paham rambu-rambu lalu lintas. Karena pengetahuan ini penting sebagai modal  dalam menerapkan riding yang aman dan nyaman. Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan.

Oh iya hal yang tidak kalah penting adalah menggunakan riding gear yang lengkap dan benar ya. Bukan hanya menggunakan helm dengan benar namun juga perangkat lain seperti sepatu yang layak, jaket yang mumpuni serta celana yang tepat. Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan. Nah mumpung masih ada waktu, yuk persiapkan dari sekarang semuanya.

comments

`