caption trialgame

Bikin Foot Peg Karat Jadi Bersih Kembali!

Tuesday, 12 October 2021

Bikin Foot Peg Karat Jadi Bersih Kembali!


Ayo siapa yang disini yang gemar bawa trabasan motor trailnya? Kami yakin hampir sebagian besar pembaca kami, bakal tunjuk tangan. Nah buat Anda yang gemar membawa motor trail Anda trabasan, salah satu penyakit yang paling sering menimpa tunggangan Anda adalah karat. Dan tahukah Anda tempat yang paling sering terkena karat? Ya betul, jawabannya adalah foot peg. Lho kok bisa? Bukannya mesin? Bukan dong, letak foot peg yang jauh dibawa membuatnya rentan bersentuhan dengan air dan lumpur saat berada di lintasan offroad, dan bahan dasar foot peg yang tebuat dari besi, makin membuatnya mudah terkena karat.

Karat memang tidak mengurangi fungsi pijakan kaki, selama Anda tidak tergelincir saat duduk di atas motor, atau kesulitan saat mengoper gigi dan mengerem, maka tidak ada masalah bearti dengan pijakan kaki motor Anda. Tapi karat akan membuat pijakan kaki motor trail Anda terlihat kusam dan tidak terawat. Lalu gimana sih cara mengatasinya? Cara mudahnya tentu dengan mengganti foot peg berkarat dengan yang baru. Dan cara rumitnya adalah Anda bisa mencoba menghilangkan karat pada pijakan motor Anda. Jangan khawatir, kami bakal jelaskan caranya biar Anda tidak terlalu bingung. Jadi simak penjelasannya.

Yang pertama kali perlu disiapkan adalah amplas. Untuk ukuran amplas biasanya tergantung tingkat karatnya tapi biasanya ukuran 2000an masih bisa diandalkan kok. Amplas seluruh permukaan foot peg hingga merata ke sela-selanya. Biasanya dengan satu kali pengamplasan karat sudah rontok, tapi jika masih penasaran bisa diulangi kok proses ini.

Selesai proses pengamplasan, karat di foot peg memang sudah tidak nampak, tapi tampilannya tetap terlihat kusam, tidak bersinar seperti layaknya motor baru. Tenang kita lanjut ke langkah berikutnya. Tapi sebelumnya ada beberapa alat yg perlu disiapkan ya. Yang pertama adalah cairan obat pembersih jamur kaca. Cairan ini bisa Anda dapatkan di beragam toko perlengkapan rumah tangga, merknya pun beragam, tinggal pilih yang sesuai selera saja. kemudian siapkan wadah plastik dan sikat gigi serta air yang mengalir ya.

Tuang cairan obat pembersih jamur ke wadah plastik secukupnya, jika dirasa perlu boleh ditambahkan sedikt sabun untuk efek busa. Lalu aduk dengan air yang jumlahnya separuh dari jumlah cairan yang telah dituangkan ke dalam wadah plastik. Setelah itu gunakan sikat gigi untuk membersihkan footpeg tadi.

Nah berhubung cairan obat pembersih jamur kaca terhitung keras, gunakan sarung tangan ya saat melakukan proses ini. Jangan menyikat seluruh bagian foot peg, sikat sedikit demi sedikit. Setelah dirasa bersih langsung bilas dengan air yang mengalir ya. Jika cairan ini dibiarkan lama pada foot peg, akan meninggalkan noda putih permanent lho. Maunya bersih malah jadi tambah jelek nantinya. Nah gimana? Cukup ribet bukan? jika Anda telah melakukan hal tadi dan ternyata hasilnya belum memuaskan, jangan khawatir, masih ada cara mudah yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Selamat mencoba ya.

comments

`