caption trialgame

Blok mesin trail wajib kinclong!

Wednesday, 14 December 2022

Tips Bikin Kinclong Blok Mesin Motor Trail


Pemilik motor trail yang gemar trabasan biasanya rajin merawat motor trail mereka. Mencuci motor selepas trabasan adalah hal wajib yang biasanya rutin dilakukan untuk menjaga perfoma motor. Namun terkadang tidak sedikit juga yang hanya berfokus pada kebersihan tampilan bodi hingga melupak kondisi blok mesin motor trail

Terlebih blok mesin merupakan komponen vital di kuda besi, salah satu bagian dari mesin. Jadi kebersihannya wajib dijaga. Kalau blok mesin motor dibiarkan kotor, bukan cuma masalah tampilan yang menganggu. Potensi karat juga menghantui. Hal ini biasanya muncul setelah Anda melewati jalan becek. Kemudian pasir dan lumpur mengendap di blok mesin. Di samping karat, blok mesin yang kotor pun sulit untuk dicek kondisinya. Anda bakal sulit untuk membedakan antara kotoran dan rembesan oli. Bila ada retak di blok, pun jadi tidak kelihatan.

Padahal bahaya kalau membiarkan oli bocor sampai lama. Efeknya komponen mesin tidak terlumasi dengan baik. Kemudian cepat aus. Paling parahnya bisa turun mesin. Maka untuk melakukan pencegahan, ada baiknya Anda selalu menjaga blok mesin motor tetap bersih. Tujuannya supaya bila ada masalah, dapat terlihat mudah secara kasat mata.

Bagaimana cara membersihkan blok motor dengan baik? Tentu hal ini bisa dilakukan di rumah dan tidak susah. Sebelum masuk ke cara membersihkan blok motor, Anda wajib mempersiapkan peralatannya dulu. Tenang saja, semua peralatan ini mudah ditemukan di rumah. Kalau harus beli, harganya terjangkau.  Apa saja peralatannya? Sikat gigi, kuas cat, mangkok plastik, bensin, sabun cuci piring dan amplas halus.

Segala macam kerak dan noda air, dijamin hilang kalau Anda mengikuti cara membersihkan blok motor ini sampai tuntas. Pertama-tama campur bensin dengan cairan pembersih piring.Khusus bensin, bisa diambil dari tangki motor. Copot selang bensin sebentar untuk mendapat kurang lebih setengah gelas. Kemudian  masukkan bensin tersebut ke wadah mangkok plastik. Campurkan bensin tersebut dengan cairan pembersih piring. Selanjutnya aduk pakai kuas cat sampai menyatu. Percayalah cairan pembersih piring tidak cuma mampu membersihkan lemak di peralatan makan. Kerak-kerak di blok mesin motor juga bisa dibersihkan. Kalau tidak punya di rumah, cairan seharga tidak sampai Rp5 ribu persachet ini juga dapat ditemukan di warung kelontong.

oleskan kuas campuran bensin dan cairan pembersih ke blok motor secara merata. Pastikan cairan itu masuk juga ke sela-sela. Anda bisa gunakan sikat gigi untuk menyapu bagian yang sulit dijangkau. Diamkan beberapa saat. Kemudian barulah kuas lagi sampai bersih. Bila kotorannya membandel, lakukan sapuan dengan lebih kuat dan berulang. Kalau kerak dan noda air benar-benar membandel, memang tidak bisa langsung besih. Anda wajib memberi sapuan berulang. Tidak ada salahnya, sekaligus kuas komponen lain seperti leher knalpot yang berkerak. Pasalnya membersihkan pipa knalpot dan blok mesin, kurang lebih punya metode yang sama.

Ingat, dalam proses ini jangan sampai kut menyapu bodi motor. Tentu kalau dilakukan bakal sangat berbahaya. Cat bodi motor trail bisa terkelupas. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan beroperasi hanya di sektor mesin dan knalpot saja yang berbahan metal.Usai semua itu dilakukan, cara membersihkan blok motor selanjutnya adalah dengan menyiram air bersih. Setelah dilakukan, pastinya langsung terlihat kalau noda air dan kerak mulai hilang di sebagian tempat. Wujud asli blok mesin Anda yang mengilap bakal terlihat jelas.

comments

`