caption trialgame

Boleh Ngga Ban Balap Untuk Motor Harian?

Wednesday, 28 December 2022

Boleh Kok Ban Balap Untuk Motor Harian


Untuk ada pemilik supermoto, tentu telah melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki motor trail Anda sehingga motor trail Anda tampil lebih beda. Nah biasanya, untuk mereka yang menggunakan supermoto untuk terjun di ajang balapan, seperti Trial Game Asphalt, tentu akan menggunakan ban balap agar bisa lebih optimal.

Tapi ternyata banyak juga lho, pemiliki supermoto yang menggunakan ban balap tapi gak pernah sekalipun membawa motor mereka turun di ajang balapan. Dengan spesifikasi khusus balap, tipe ban ini diyakini memiliki daya cengkeram yang lebih bagus dibandingkan ban biasanya. Sehingga, para pehobi kebut-kebutan di jalan sangat menyukai jenis ban ini.

Lalu sebeneranya boleh gak sih menggunakan ban balap untuk harian? Selama ban balap yang digunakan merupakan street legal, maka akan baik-baik saja jika digunakan untuk harian. Karena ban balap yang street legal biasanya memiliki grip lebih bagus dibanding ban biasa, handling dan stability-nya juga. Hanya saja keausan bannya lebih cepat karena memakai compound yang high grip.

Tapi, bukan berarti langsung jadi drop habis kayak ban mobil balap formula 1 gitu. Asal pemakaiannya tidak digeber-geber untuk nikung seperti di sirkuit, tidak banyak berbeda dengan yang standar juga masa pakainya.  Namun ban balap memang kurang bagus digunakan untuk kondisi jalan basah atau saat hujan. Hal ini karena pattern atau kembangan pada ban tipe compound tidak seperti ban standarnya.

Untuk digunakan dalam kondisi jalan yang benar-benar basah kurang mumpuni. Karena saat basah yang main tidak hanya compound ban saja, tetapi kembangannya ini untuk evakuasi air. Dengan begitu, maka ban tipe soft compound ini saat digunakan di jalan basah daya cengkeramnya tidak sebagus seperti saat dipakai di jalan kering.

Nah buat Anda pemilik supermoto yang kebetulan hanya memiliki satu set ban saja dan ban itu adalah ban balap, sebaiknya hindari penggunaan motor Anda saat musim hujan seperti ini ya. Memang ban jenis ini masih aman sih untuk digunakan saat musim hujan atau lintasan basah, tapi jaga kecepatan ya jangan terlalu ditarik gas supermoto Anda.

 

 

comments

`