caption trialgame

Bukan Misteri Penyebab Lampu Seind Dan Rem Nyala Sendiri!

Wednesday, 23 November 2022

Bukan Misteri Penyebab Lampu Sein Dan Rem Nyala Sendiri


Motor trail dual sport sudah pasti dilengkapi dengan beragam piranti yang membuatnya laik digunakan di jalan raya. Hampir bisa dibilang bahwa lebih dari separuh motor trail yang beredar di Indonesia saat ini, digunakan untuk kegiatan harian. Nah salah satu perangkat yang harus dimiliki oleh motor trail dual sport street legal adalah lampur rem dan lampu sein, namun memasuki musim hujan ternyata dua piranti ini rentan terkena penyakint lho.

Oleh karena itu masuk musim hujan, lampu rem motor dan lampu sein juga tidak boleh luput dari perawatan dan pengecekan. Jangan sampai lampu rem dan lampu sein motor bisa tiba-tiba menyala sendiri setelah motor dipakai menembus hujan. Jika terjadi, berarti menandakan ada masalah di lampu rem dan lampu sein milik Anda.

Lantas apa sih yang membuat lampu sein dan rem tiba-tiba menyala sendiri? Ternyata penyebab utamanya adalah adalnya induksi pada kabel massa atau kabel negatif.  Sebagai informasi, induksi membuat kabel yang tadinya tidak memuat arus karena sesuatu hal, jadi bisa memuat arus.

Contohnya pada kabel massa, seharusnya kabel massa tidak memiliki atau memuat arus, namun karena ada induksi kabel masa jadi memuat arus. Alhasil, lampu sein dan rem motor tiba-tiba menyala sendiri tanpa Anda tekan atau sentuh saklarnya.Induksi pada kabel massa yang membuat lampu sein dan rem motor tiba-tiba menyala sendiri.

Nah biasanya hal ini sering terjadi ketika motor habis menerobos hujan. Induksi pada kabel massa umumnya disebabkan oleh air. Air yang menghantarkan arus listrik bisa mengalir ke kabel massa sehingga membuat lampu sein dan rem motor tiba-tiba menyala sendiri.

Selain pada kabel atau sambungan (connector), induksi juga bisa terjadi pada kontak atau saklar lampu motor.Biasanya, kotoran atau air yang menempel pada kontak atau saklar lampu bikin lampu sein dan rem motor menyala sendiri meski saklarnya tidak diaktifkan. Tapi jangan khawatir, solusinya cukup bersihkan kontak dan saklar motor dengan cairan contact cleaner jadi kembali normal. Untuk r mencegah terjadinya induksi lagi, pastikan setiap sambungan kabel terpasang dengan rapat dan kedap air ya.

comments

`