caption trialgame

Canggih Motor Trail ini Gunakan Smartphone Untuk Setting Mesin

Tuesday, 7 January 2020

Era teknologi memang sudah tidak bisa dibendung, hampir semua aspek dalam kehidupan sehari-hari memiliki hubungan dengan teknologi, terutama teknologi smartphone. Demikian pula pada dunia otomotif, khususnya motor trail. Memang sudah bukan hal baru lagi jika smartphone sudah bisa dihubungkan dengan motor trail Anda, namun biasanya kegunaannya adalah untuk GPS, peta atau hiburan. Dan belum lama ini, Yamaha mengembangkan fungsi smartphone sehingga Anda bisa langsung melakukan beragam setting mesin langsung di smartphone.

Yamaha Power Tuner merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Yamaha khusus untuk motor trail high end mereka seperti YZ250F, YZ450F dan WR450F. Seperti sudah diketahui, bahwa mesin motor trail jaman sekarang yang serba elektronik, agak sulit untuk mengatur setting. Tentu Anda masih ingat dengan istilah jetting bukan? Yaitu memilih main dan pilot jet alias spuyer. Melakukan hal ini memerlukan pengalamaan serta perasaan untuk mendapatkan setting yang tepat.

Sekarang tinggal colok kabel untuk mengganti parameter di injeksi mesin. Namun Yamaha Power Tuner lebih revolusioner lagi, karena bisa mengganti parameter tersebut melalui smartphone. Sistemnya simpel, menggunakan transmiter benama CCU (Comunnication Control Unit) yang berada di motor, Anda bisa mengakses data mesin menggunakan wi-fi.

Hebatnya lagi, Anda bisa mengatur banyak settingan injeksi bahan bakarnya, mirip dengan teknologi yang digunakan pada MotoGP. Mulai dari timing pengapian, timing injektor, respon gas, dan masih banyak lainnya. Semuanya ditampilkan, melalui 16 settingan di layar, dengan render 3D untuk menampilkan kurva perforfma mesinnya .

Presetnya juga sudah disediakan Yamaha, yaitu Mud, Sand, dan Hardpack. Kerennya, preset itu bisa diganti dengan mengunduh dari internet, dan juga bisa dikirim buat atau dari orang lain. Dalam aplikasi ini juga ada ada Race Log, untuk mengingatkan kita jadwal ganti oli, serta maintenance mesin lainnya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Live Data Feedback, jadi banyak informasi dan riwayar dari mesin, misalnya temperatur mesin di waktu atau lap tertentu.Jadi bisa mengetahui kondisi terbaik atau terburuk mesin, misalnya saat mesin masih dingin.

Nah menarik nih untuk ditunggu sepak terjang produsen motor trail lainnya, apakah mereka masih nyaman dengan menggunakan teknologi lama, atau mulai mengikuti Yamaha yang menggunakan teknologi untuk kemudahan penggunananya?

comments

`