caption trialgame

Cara Atasi Mesin Motor Trail Mati Dadakan

Wednesday, 19 February 2020

Bagi Anda yang mengendarai motor trail lawas atau masih menggunakan motor trail dengan karburator maka ada suatu kondisi dimana bahan bakar memasuki mesin secara berlebihan. Hal ini tidak dapat dihindari pada motor trail tadi. Jika hal ini terjadi maka sudah pasti mesin akan mati karena karburator sudah dipenuhi dengan bahan bakar.. Akibat bahan bakar berlebih yang masuk saat mesin mati, maka ketidakseimbangan antara bahan bakar dan udara di dalam mesin mengakibatkan mesin susah untuk dinyalakan kembali.

Sebagai ilustrasi, Anda pasti saat kecil pernah bermain-main dengan mobil orang tua Anda. Saat mobil dalam keadaan mati, anda berpura-pura menyetir mobil itu, memainkan kemudi dan menginjak beragam pedal. Tanpa Anda sadari, setiap menginjak pedal gas maka bahan bakar akan masuk ke dalam karburator dan menyebabkan mobil susah dinyalakan. Harus menunggu 5 sampai 10 menit agar bahan bakar kembali ke dalam tanki dan perbandingan antara udara dan bahan bakar di karburator menjadi seimbang, untuk dapat kembali menyalakan mobil tersebut.

Tapi jangan khawatir, selalu ada jalan keluar dari beragam masalah yang dialami oleh para penggila motor trail. Anda bisa menambahkan sebuah fitur pada motor trail Anda yaitu Hot Start Lever. Tapi biasanya piranti ini sudah tersedia pada motor trail, hanya saja Anda tidak menyadari keberadaannya.

Hot start lever biasanya terletak dibagian kanan atau kiri handle bar, disamping gagang rem atau kopling. Ukurannya kurang lebih seperempat dari gagang kopling, sehingga tidak akan mengganggu Anda saat mengemudi. Anda hanya perlu menekan alat ini, dan gunakan stater kaki untuk menyalakan mesin kembali. Tapi ingat, jangan memutar pegangan gas, karena hanya akan membuat bahan bakar kembali masuk ke mesin

Fungsi dari hot start lever sendiri nyaris sama dengan choke, namun dengan penggunaan pada yang situasi berbeda. Choke diperlukan untuk memudahkan menyalakan mesin dalam keadaan dingin. Choke berfungsi agar bahan bakar lebih banyak masuk ke mesin ketimbang udara. Sementara hot start lever berfungsi agar udara lebih banyak masuk ke mesin ketimbang bahan bakar.

Perlu dua sampai tiga kali menggunakan stater kaki agar mesin bisa kembali menyala. Jika hal ini terjadi, jangan panik, karena anda membutuhkan konsentrasi untuk mendapatkan tendangan sempurna demi menyalakan mesin dengan stater kaki. Lakukan dengan tenang, hingga mendapatkan momentum sempurna untuk menyalakan motor dengan stater kaki. Segera setalah mesin menyala, Anda dapat kembali menyusul lawan-lawan.

 

comments

`