caption trialgame

Cara Atasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin!

Tuesday, 5 January 2021

Cara Atasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin!


Oli pada mesin kendaraan bermotor sangat penting fungsinya.  Selain bertugas sebagai lubrikasi, oli pada mesin kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai media pendinginan.  Oli harus sesuai takaran serta kekentalannya, jika oli sampai terlalu encer atau terlalu kental, maka hal tersebut dapat berdampak secara langsung terhadap performa serta keawetan mesin.

Lebih parah jika oli mesin sampai berkurang takarannya, misalnya karena kebocoran. Dan jika hal ini terjadi secara terus menerus maka dapat dapat menyebabkan kerusakan pada area dalam mesin kendaraan bermotor.

Nah kali ini kami akan coba berikan tips cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin, tetapi perlu diingat, cara inihanya dapat dilakukan pada kasus kerusakan tertentu. Jadi jika kerusakan sudah sampai retak pada bagian blok mesinnya, maka hal tersebut sudah tidak dapat diperbaiki dan harus ganti blok mesin baru. Simak tips-tipsnya ya.

Yang pertama adalah kencangkan semua baut yang ada pada mesin. Hal ini berlaku jika ada baut pada blok mesin yang ternyata mengalami kendor. Hal ini sering terjadi dan biasanya sering dialami oleh motor-motor trail yang memiliki jam terbang tinggi. Periksa tiap baut di area kebocoran oli, jika ada yang kurang kencang, maka silahkan kencangkan. Jika ada yang dol atau slek, maka silahkan buat drat baru atau gunakan baut lain yang ukurannya sedikit lebih pendek.

Jika kebocoran terjadi pada bagian seal perseneling atau seal kick starter, maka Anda tidak perlu bongkar mesin untuk menggantinya. Anda hanya perlu mencongkel seal yang sudah rusak, lalu ganti dengan seal yang baru. Jangan lupa untuk ganti atau tambahkan oli yang selama ini sudah berkurang

Dan jika yang rusak ada pada bagian packing atau selah-selah blok mesin dan kalian malas untuk bongkar mesin, maka Anda dapat gunakan sealer atau Red Silicone untuk “menambal” dari luar area yang bocor tersebut. Cara ini cukup efektif karena sealer yang satu ini cukup elastis dan juga tahan panas, oleh karenanya, maka jangan heran jika lem yang satu ini sering juga dijadikan sebagai pengganti packing mesin.

Sebelum melakukan penambalan dengan silikon yang satu ini, maka ada baiknya bersihkan terlebih dahulu area mesin yang hendak ditambal agar silikon ini dapat dengan lebih sempurna menempelnya. Tapi perlu diingat, opsi ini mungkin tidak akan 100% berhasil, sebab idealnya jika packing yang bocor, maka perbaikan harus dilakukan dengan benar dan bukan hanya sekedar ditambal dari luar ya.

comments

`