caption trialgame

Cara Atasi Piston Rem Cakram Macet!

Wednesday, 6 January 2021

Cara Atasi Piston Rem Cakram Macet!


Piston pada rem cakram terletak pada bagian kaliper. Piston rem cakram yang macet ini biasanya terjadi karena faktor usia hingga kelalaian  pengguna motor itu sendiri. Nah dalam artikel ini kami akan coba membahas mengenai cara mengatasi piston pada rem cakram yang macet.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan piston rem cakram yang macet, salah satunya adalah karena piston pada kaliper tersendat hingga membuat piston enggan kembali pada posisinya setelahberhasil melakukan tekanan pada kampas rem. Tersendatnya piston rem ini dapat terjadi karena piston kotor hingga karena minyak rem yang perlu dikuras atau perlu diganti.

Jika piston rem dikelilingi oleh debu atau kotoran bahkan oleh karat maka kemungkinan piston rem tidak mau bekerja dengan normal. Selain itu, jika minyak rem sudah tidak jernih dan banyak menampung karat dari area master rem atau dari piston rem itu sendiri, maka kemungkinan piston pada rem cakram tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Ada ciri-ciri khas yang menandakan bahwa piston pada rem cakram mengalami macet. Ciri tersebut diantaranya adalah ketika rem sudah dipijak, maka cakram masih menggigit piringan cakram karena piston enggan kembali ke posisi bebas.  Ketika tuas rem ditekan, piston enggan mengigit kampas rem karena piston terhambat oleh kotoran sehingga proses mengigit atau menekan kampas rem jadi terganggu (berbeda dengan masuk angin, saat piston macet maka tuas rem tidak mengalami “los”). Nah dua ciri-ciri tersebut sudah dapat membahayakan keselamatan Anda lho.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Pertama siapkan perlatan yang dibutuhkan (sesuaikan dengan bautdan mur yang ada di area kaliper rem, tiap motor memiliki ukuran baut dan mur yang berbeda-beda). Jangan lupa siapkan wadah untuk membuang minyak rem, dan tentunya lap untuk membersihkan minyak rem.

Posisikan sepeda motor pada standar dua agar proses perbaikan jadi lebih leluasa. Buka kaliper rem dan bongkar kampas remnya. Buang minyak rem dan usahakan ganti seal master rem serta minyak remnya. 5. Bersihkan area piston rem dan area sealnya juga (ingat jangan sampai tergores secara dalam). Jangan lupa lepaskan dulu piston remnya dengan menariknya keluar menggunakan.

Pasang kembali beragam komponen yang Anda lepaskan.  Isi dengan minyak rem dan jangan lupa dibuang angin palsunya agar rem tidak ngelos atau tidak dapat direm.  Jika piston rem masih tidak bekerja dengan normal, maka opsi yang dapat dilakukan adalah mengganti satu set kelengkapan rem cakram.  Perlu diingat bahwa rem cakram merupakan rem yang dalam perbaikannya cukup susah-susah gampang. Jadi jangan gampang menyerah dalam proses perbaikan atau perawatannya

comments

`