caption trialgame

Cara Efektif Hindari Tilang Elektronik!

Tuesday, 1 March 2022

Cara Efektif Hindari Tilang Elektronik!


E-tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) merupakan sistem tilang elektronik yang memanfaatkan kinerja dari Closed-circuit Television (CCTV) sebagai pengawasnya. Sistem ini berperan sebagai pembantu polisi yang bertugas di jalanan untuk mengawasi para pengendara yang melakukan pelanggaran.

CCTV yang dipasang di titik-titik strategis padat lalu lintas digunakan untuk memantau apabila terdapat pelanggaran lalu lintas. Selain itu, CCTV yang digunakan juga mampu merekam pelat kendaraan untuk memudahkan proses hukum kendaraan yang melanggar. Dengan mengidentifikasi pelat nomor kendaraan, polisi dapat dengan mudah menemukan alamat pemilik dan mengirimnya surat tilang ke alamat yang tertera di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).               

Nah seperti sudah diketahui Polri memperluas cakupan tilang elektronik menggunakan CCTV (ETLE) secara nasional. Kini tilang tanpa petugas terhadap pelanggar aturan lalu lintas itu sudah diterapkan di wilayah hukum 12 Polda di Indonesia. Kamera-kamera yang sudah disiapkan dan ditempatkan pada posisi strategis ini akan siap membidik para pelanggar aturan lalu lintas selama 24 jam.

Perlu dipahami tilang menggunakan CCTV berbeda pada umumnya serta fungsinya untuk sekaligus mencegah praktik suap kepada petugas saat pengguna kendaraan hendak ditilang. Pemilik kendaraan tetap dapat berkendara aman tanpa harus ditilang jika memahami apa saja pelanggaran yang dapat ditindak menggunakan CCTV.

Lalu sebagai pengendara motor trail yang biasa menggunakan secara harian, ada beberapa cara lho agar Anda bisa terhindar dari tilang elektronik ini. Nah yang pertama tentu saja adalah selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan saat Anda sedang mengendarai atau mengemudikan kendaraan. Kemudian pastikan Anda selalu  fokus dalam berkendara. Dalam hal ini jangan sesekali Anda mengemudi sembari mengoperasikan telepon genggam ya.

Berkendaralah pada jalur yang benar. Jangan pernah berkendara dengan melawan arus sebab itu juga beresiko pada keselamatan pengguna jalan lainnya dan jangan menerobos lampu merah. Selalu gunakan perangkat keselamatan saat berkendara sepeda motor. Helm adalah peranti wajib yang selalu digunakan baik untuk pengendara atau boncenger. Oh iya jangan berboncengan lebih dari dua orang. Dan terakhir adalah pastikan selalu menyalakan lampu headlight ya, kendati berkendara di siang hari.

 

comments

`