caption trialgame

CARA HEBAT BIKIN BBM HEMAT!

Wednesday, 14 September 2022

Cara Hebat Hemat Bahan Bakar


Untuk Anda pengguna motor trail harian, tentu ikut pusing dengan kenaikan harga bahan bakar yang cukup signifikan akhir-akhir tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar motor kesayangan Anda bisa menghemat konsumsi bahan bakar? Apa saja sih hal-hal tersebut? Simak ulasannnya ya.

Yang pertama adalah rajin membersihkan karburator atau fuel injector.  Perangkat ini bertugas menyuntikkan kabut bahan bakar ke silinder mesin. Selama fuel-injector bersih berarti pencapaian campuran bahan bakar dan udara yang tepat bisa dicapai dan pembakaran pun lebih sempurna. Tenaga mesin optimal pun lebih mudah dicapai tanpa harus memutar gas lebih dalam. Sehingga jarak tempuh pun lebih jauh per liter-nya.

Tetapi deposit bahan bakar saat mesin dimatikan akan membentuk arang di nozzle. Memang untuk membersihkan karburator atau nozzle injector, perlu keterampilan atau biaya jika diserahkan kepada bengkel. Untuk itu, gunakan saja fuel-injector cleaner, yang dituangkan ke tangki bahan bakar dengan takaran sesuai petunjuk.

Mesin memerlukan udara bersih. nah sudah menjadi tugas filter udara menjamin debu, serangga dan kotoran tak masuk ke dalam mesin. Udara yang bersih dan banyak akan membantu pembakaran yang sempurna. Tetapi deposit kotoran tadi lama kelamaan akan menumpuk dan menghambat udara masuk dengan lancar. Untuk itu bersihkan filter udara secara berkala, jika menggunakan filter udara yang bisa dibersihkan. Atau ganti untuk filter udara yang menggunakan bahan kertas.

Oh iya pastikan juga ya tekanan udara pada ban motor trail Anda sudah sesuai dengan rekomendasi pabrik , karena ban yang kempes akan memaksa mesin bekerja lebih keras  dan hai ini berarti pemborosan bahan bakar. Pastikan juga Anda rutin mengganti oli mesin karena oli berguna untuk melindungi bagian mesin bergesekan di silinder atau transmisi agar tidak cepat aus. Bila oli tadi sudah tidak layak untuk digunakan dalam mesin tentunya celah antar komponen jadi besar karena aus, hal ini akan mengurangi performa kerja mesin karena bensin yang keluar tidak jadi tenaga.

Sebisa mungkin hindari pengisian bahan bakar di siang hari. Cuaca panas siang bisa menguapkan bensin saat pengisian meski itu angkanya kecil. Jadi, ada baiknya bila pengisian bahan bakar pada malam hari karena bensin yang dikeluarkan tidak menguap banyak dan bensin yang dikeluarkan akan lebih padat.

Dan yang terakhir adalah jangan terlalu lama memanaskan mesin motor. Memanaskan sepeda motor terutama pagi hari memang baik agar suhu kerja mesin ideal, dan perfoma juga optimal. Namun, terlalu lama memanaskan mesin saat pagi hari hanya akan membuang bensin saja. Panaskan mesin cukup 1 menit saja, kecuali suhu udara terlalu dingin. Nah semoga tips-tips di atas bisa membuat konsumsi bahan bakar motor trail Anda sedikit lebih hemat dibandingkan biasanya ya.

comments

`