caption trialgame

Cara Hebat Bikin Motor Trail Hemat!

Tuesday, 14 September 2021

Cara Hebat Bikin Motor Trail Hemat!


Motor trail yang digunakan untuk trabasan biasanya pasti bakal boros bahan bakar, harap maklum biasanya motor jenis bakal kerja di putaran mesin yang rendah sehingga konsumsi bahan bakar bakal lebih banyak dibandingkan dengan motor yang digunakan sehari-hari.

Nah lalu, apakah bisa menghemat bahan bakar pada motor trail Anda? jawabnya bisa, asal syarat utamanya motor trail Anda berjenis dual sport dan hanya digunakan untuk kegiatan harian saja. lantas apa saja yang harus dilakukan untuk menghemat bahan bakar? Tenang kami akan bahas melalui artikel ini ya.

Tentunya pasti akan lebih melegakan apabila sepeda motor yang Anda gunakan irit BBM, sehingga relatif lebih meringankan beban keuangan. Nah hal pertama yang harus dilakukan adalah atur kerapatan klep.  Klep atau dalam bahasa yang lebih resmi adalah katup atau valve, merupakan komponen yang berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar yang akan dibakar dalam ruang bakar mesin. Dengan diatur agar bukaannya lebih sempit, maka semburan bahan bakar juga lebih sedikit sehingga diharapkan konsumsinya relatif lebih irit. Namun bila terlalu sempit, motor Amda  juga tidak akan memiliki tenaga. Jadi klep ini perlu diatur ke posisi yang ideal. O iya, pengaturan klep ini hanya berlaku untuk motor trail  4- tak ya.

Sebelum bahan bakar masuk ke ruang bakar, umumnya akan ditampung terlebih dahulu di dalam karburator. Pelampung karburator memiliki fungsi untuk mengatur seberapa banyak bensin yang akan masuk ke dalam reservoir. Semakin sempit ruang yang diciptakan oleh pelampung, bahan bakar yang masuk akan semakin sedikit dan harapannya tentu akan semakin irit.

Karena itu Anda bisa menurunkan sedikit pelampung karburator sejauh 1-2 mm saja. Pengaturan ini harus dilakukan dengan presisi karena bila terlalu sempit, mesin motor akan kekurangan pasokan sehingga “batuk-batuk”, sedangkan bila terlalu lebar, BBM akan “banjir” sehingga tentu saja boros.

Penggunaan oli yang berkualitas menjamin gesekan antar komponen menjadi lebih minimal, sehingga kerja mesin menjadi lebih optimal. Cara bikin motor irit BBM salah satunya juga bisa dilakukan dengan menggunakan oli berkualitas dan sesuai spesifikasi. Selain menggunakan oli berkualitas, secara berkala oli tersebut juga harus diganti. Pastikan juga spesifikasi oli yang akan digunakan sesuai dengan buku. Oh iya selain oli, busi yang berkualitas juga memainkan peran penting lho. Busi merupakan pemantik api dalam sistem pembakaran. Jika busi berkualitas bagus, tentunya api mudah terpercik dan pembakaran bisa berjalan lebih sempurna. Selain menggunakan busi berkualitas, pastikan secara berkala busi juga diganti.

Banyaknya bahan bakar yang masuk ke ruang bakar salah satunya ditentukan oleh tarikan gas. Tarikan gas motor sebaiknya dilakukan secara bertahap. Jika dilakukan dengan mendadak, bahan bakar yang masuk ke ruang mesin akan mendadak banyak namun putaran mesin masih relatif rendah. Akibatnya efisiensi pembakaran rendah dan bahan bakar menjadi boros. Silahkan dicoba dan temukan apakah Anda bisa menghemat bahan bakar motor trail Anda.

 

comments

`