caption trialgame

Cara Pilih Oli Samping Trail 2 Tak!

Wednesday, 14 April 2021

 

Cara Pilih Oli Samping Motor Trail


Seiring dengan masih tingginya penunggang motor trail 2 tak di Indonesia, ini juga berefek dengan semakin tingginya kebutuhan akan oli 2-tak yang sering disebut oli samping. Sebutan oli samping karena dulu motor 2-tak seperti TS 125 atau RX King itu oli campurnya diletakan di samping rangka motor. Seringkali pemilik motor trail 2- tak kebingungan ketika harus membeli oli 2T untuk campuran bensin motornya. Di pasar ada banyak pilihan, mulai merek branded seperti Maximma, Motorex, dan Motul, hingga merek ‘umum’ yang juga dipakai di motor harian seperti produk Pertamina, Shell, Castrol, Top One dan lain-lain.

Banyak yang berfikir bahwa oli 2T yang mahal itu pasti lebih bagus dibandingkan dengan harga yang lebih murah. Belum tentu lho, karena faktor mahal itu bukan sekedar soal kualitas tetapi juga soal asal negara produksi. Kalau oli-nya masih impor tentu saja harganya akan lebih mahal dibandingkan ketika sudah diproduksi di Indonesia.

Nah oleh karena itu untuk memilih oli 2T jangan hanya berpatokan kepada oli impor yang mahal, tetapi berpatokan kepada standar spesifikasi, bahan dasar oli dan kebutuhan motornya. Standar spesifikasi oli itu ditentukan oleh JASO, API, dan ISO.  JASO (Japanesse Automobile Sandard Organization) itu standar yang digunakan negara Jepang untuk spesiikasi oli baik 4T maupun 2T. Sedangkan API (American Petrolium institute) itu standari dari Amerika dan ISO (International Standards Organization) itu untuk Eropa.

Di setiap kemasan botol oli itu wajib dan pasti tertulis spefisikasi JASO-nya. Nah tingkatan JASO sendiri antara lain adalah JASO FA = sudah tidak diproduksi lagi, JASO FB = kualitas diatas JASO FA, JASO FC = kualitas diatas JASO FB dan terakhir adalah JASO FD = kualitas diatas JASO FC. Rekomendasi dari kami adalah gunakan oli yang memiliki tingkat minimal JASO FC.

Bisa saja pakai oli JASO FB, tetapi kualitasnya lebih rendah sehingga penumpukan kerak di piston akan lebih tebal. JASO FB itu biasanya bahan dasar olinya adalah mineral, sedangkan JASO FC itu semi sintetis. Spesiikasi oli yang tinggi adalah JASO FD karena bahan dasarnya sudah sintetis. Nah oli apa saja sih aja yang masuk kategori JASO FB, FC dan FD yang beredar di Indonesia? Tunggu bahasan selanjutanya pada artikel kami lainnya ya.

comments

`