caption trialgame

Cara Simpel Atasi Speedometer Ngadat!

Wednesday, 30 June 2021

Cara Atasi Speedometer Yang Ngadat


Ayo siapa disini yang biasaianya tidak terlalu memperhatikan speedometer motor trailnya? Komponen ini memang sering diabaikan, apalagi dikalangan para pengguna motor trail enduro, yang biaanya malah tidak menggunakan speedometer pada motor mereka. Tapi bagi para pengguna motor trail dual sport, piranti inti cukup memiliki pengaruh yang signifikan.

Fungsi utama speedometer yaitu memberikan informasi kepada pengendara mengenai kecepatan kendaraan. Sehingga, pengendara dapat mengontrol kecepatannya saat berlenggak-lenggok di jalanan. Selain itu, speedometer juga berfungsi sebagai alat yang memuat informasi, berapa banyak bahan bakar yang tersedia di tangki.  Fungsi lainnya yaitu sebagai indikator nyalanya lampu utama dan sein. Memang rusaknya speedometer memang tidak memiliki dampak besar terhadap performa mesin motor. Meski begitu tentu rasanya janggal jika melihat jarum speedometer berhenti bergerak, bukan?

Anda  harus rutin mengecek apakah ada tanda kerusakan pada speedometer. Tanda-tanda kerusakan tersebut yaitu, jarum yang berhenti bergerak naik-turun ketika motor melaju dan lampu-lampu indikator yang mati atau hanya berkedip. Jika sudah ada salah satu, dari dua tanda kerusakan tersebut maka Anda harus memperbaikinya segera. Lalu apa sih yang bisa dilakukan saat speedometer bermasalah?

Yang pertama tentu saja adalah mengecek kabel speedometer. Kabel speedometer berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari komponen penyusun aki menuju saluran listrik yang ada pada speedometer. Kabel penghantar harus dalam kondisi yang baik agar arus listrik dapat tersalurkan dengan baik.  Perhatikan dengan baik kabel speedometer. Pengendara harus mengecek apakah kabel speedometer masih berfungsi dengan baik. Apakah tidak berfungsinya dikarenakan kabel speedometer yang putus, tertarik, tertekuk, terselip atau mengalami goresan.

Jika kabel speedometer rusak karena goresan, pengendara dapat langsung memperbaikinya menggunakan isolasi karet hitam. Sehingga speedometer dapat berfungsi kembali. Tidak hanya itu, kerusakan seringkali dikarenakan kabel yang berkarat. Kabel speedometer yang berkarat umumnya disebabkan oleh air yang merembes masuk. Namun, bisa jadi dikarenakan usia kabel yang sudah minta diganti dengan yang baru.

Cara untuk mengecek kabel speedometer sangat mudah. Kabel speedometer biasanya tersambung dari speedometer menuju bagian gearbox sepeda motor, pada sumbu roda bagian depan. Jika ingin memeriksa apakah karat yang menjadi kendala, Anda dapat melepaskan kabel dari gearbox pada sumbu ban. Lalu, tarik kabel sedikit demi sedikit dengan sangat hati-hati. Pada saat kabel ditarik dan terasa tersendat, biasanya terlihat apakah kabel berkarat.

Jika kabel speedometer telah dicek dan tidak ditemukan kerusakan, selanjutnya speedometer adalah komponen yang harus diperiksa. Terdapat beberapa jenis speedometer yang digunakan di kendaraan sepeda motor. Pada speedometer digital kebanyakan kerusakan terjadi karena aki motor yang minta diganti. Sedangkan pada speedometer analog, kerusakan yang terjadi biasanya lebih kompleks. Salah satunya penyebab kerusakan ada pada speedometer.

Kasus yang seringkali terjadi adalah pegas atau spring dalam speedometer sudah lemah. Hal tersebut menyebabkan tidak akuratnya informasi kecepatan yang diberikan karena jarum kecepatan menjadi kacau. Dapat dilihat ketika pengendara berjalan 20km/jam tetapi, pada speedometer tertera 80km/jam. Bisa jadi pegas pada speedometer lepas sehingga, jarum tidak dapat memberikan informasi kecepatan motor. 

Selain itu, kebiasaan dalam berkendara juga menjadi faktor kerusakan pada speedometer. Kebiasaan mengendarai motor yang cenderung terburu, tidak memerhatikan jalanan dapat menyebabkan guncangan pada speedometer. Guncangan itulah yang membuat speedometer tidak dapat berfungsi secara maksimal. Karat juga menjadi penyebab umum mengapa speedometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Speedometer berumur panjang, tentu normal jika mengalami kerusakan.

Beberapa kerusakan ringan pada speedometer dapat diperbaiki. Namun, yang lain hanya dapat diatasi dengan mengganti komponen speedometer yang baru. Kerusakan ringan ataupun berat, jika Anda tidak berpengalaman dalam membongkar komponen motor lebih baik jangan ambil resiko dan membawanya ke bengkel kepercayaan Anda.

 

comments

`